Imunisasi Dasar Lengkap Kabupaten Gowa Capai 96,31 Persen

Kamis, 26 Mei 2022 | 17:12 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan capaian imunisasi anak di Kabupaten Gowa saat ini sebesar 96,31 persen yang tersebar di 26 Puskesmas, 560 Posyandu.

Dengan capaian tersebut kata dia, pelaksanaan imunisasi dasar lengkap di Gowa sudah mencapai target.

“Kita patut berbangga karena pencapaian Imunisasi Dasar Lengkap Sulsel tahun 2021 merupakan peringkat pertama di tingkat nasional yaitu 99,9 persen dari situ Gowa berkontribusi 96,31 persen dan tentu ini berkat kerjasama dan kolaborasi seluruh pihak yang ada,” katanya di Pelataran SDN Bontokamase didampingi
Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan saat Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Adnan mengaku, kesehatan dan pendidikan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya dalam membangun SDM yang unggul.

Menurutnya sebaik apapun pendidikan seorang harus dilengkapi dengan tubuh yang sehat sehingga menghasilkan pemikiran yang cerdas, dengan itu maka akan tercipta SDM yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

“Dalam membangun SDM bukan hanya dilihat dari pendidikannya tapi juga kesehatannya sehingga dilakukanlah pencanangan BIAN. Apabila tubuh anak kuat maka pikirannya akan cerdas, jika pikiran yang cerdas maka kita akan bisa membangun SDM yang lebih baik lagi. Itulah mengapa pendidikan dan kesehatan merupakan satu bagian yang tidak terpisahkan dalam membangun SDM,” jelasnya.

Olehnya untuk membentuk tubuh yang sehat dari dini, imunisasi lengkap sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan anak melalui penanganan BIAN ini yang diperuntukkan bagi anak usia 9 bulan – 12 tahun.

“Imunisasi dasar kita sudah baik, namun untuk pencapaian imunisasi lanjutan masih perlu kita tingkatkan melalui BIAN ini. Sehingga anak-anak yang belum lengkap imunisasi dasar dan lanjutannya kita lengkapi terus imunisasinya dalam kegiatan yang ini sekaligus memberikan imunisasi tambahan campak rubella bagi anak usia 9 bulan sampai dengan 12 tahun,” jelasnya.

Ia berharap seluruh pihak berperan aktif menyukseskan pelaksanaan BIAN dengan menyebar luaskan informasi pada setiap kesempatan, menggerakkan masyarakat dan orang tua agar anaknya segera diimunisasi. (*)


BACA JUGA