Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal MI saat berfoto bersama pendonor perempuan di Mall Ratu Indah, Sabtu (28/05/2022)/Ist

PMI Makassar Dorong Perempuan Lebih Giat Donor Darah

Sabtu, 28 Mei 2022 | 14:34 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar mendorong agar perempuan bisa lebih berpartisipasi dalam donor darah. Mengingat peluangnya mendonor terbilang rendah.

Hal itu disampaikan Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal MI. Kata dia, perempuan hanya punya peluang 30 persen untuk bisa donor. Sehingga, donor darah saat ini didominasi oleh laki-laki.

“Paling banyak 30 persen karena dia punya kesempatan kurang lebih 16 hari dalam sebulan. Dia (perempuan) kan menstruasi, jadi waktunya itu 3 hari sebelum dan kira-kira 5 hari setelahnya. Ditambah lagi satu Minggu menstruasi jadi 13 hari memang mi tidak bisa donor,” katanya, Sabtu (28/05/2022).

Kondisi ini dinamakan sebagai perbedaan fisiologi. Deng Ical, sapaan akrabnya mengatakan hal tersebut yang membuat saat ini laki-laki masih menjadi terbanyak yang berpartisipasi dalam donor darah.

“Jadi tidak hanya di PMI Makassar saja, semua PMI lain kebanyakan memang laki-laki,” tambah Mantan Wakil Wali Kota Makassar ini.

Deng Ical diketahui ikut meninjau kegiatan donor darah yang digelar Kodam XIV/Hasanuddin dengan menggandeng PMI Makassar. Giat itu berlangsung di Mall Ratu Indah, Sabtu (28/05/2022).

Selama meninjau, ia melihat sejumlah perempuan yang ikut mendonor. Bahkan, terdapat tiga remaja yang berpartisipasi untuk kali pertama.

“Ini sebuah kebanggaan bagi kami karena perempuan bahkan pertama kalinya bisa ikut donor. Hal begini yang patut kita apresiasi,” ucap Deng Ical.

Ia pun berharap perempuan lebih pro aktif untuk bisa ikut donor darah. Dengan begitu, pasokan darah di PMI Makassar semakin bertambah.

“Kita harapnya seperti itu karena kita melihat peluang besarnya untuk donor hanya 30 persen,” tutupnya.(*)


BACA JUGA