Pemilu 2024, Bawaslu Harap Perempuan Terlibat Aktif Dalam Pemilu

Selasa, 14 Juni 2022 | 21:48 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa menggelar dialog publik tematik peran dan partisipasi perempuan pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, Senin (13/06/2022).

Kegiatan ini digelar secara luring dan daring di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Gowa dengan menghadirkan peserta dari stakeholder perempuan yang ada di Kabupaten Gowa.

Dalam kesempatan itu, Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulsel, Koordiv Humas, Saiful Jihad berharap peran perempuan dalam pemilu bisa memberi makna penguatan nilai demokrasi yang bermartabat dan berintegritas.

“Perempuan sebaiknya terlibat aktif dalam pemilu, bukan hanya menjadi objek tapi juga menjadi subjek dalam perhelatan pesta demokrasi tersebut. Perempuan harus memberi penguatan nilai bukan hanya memenuhi kuota 30 persen yang diperintahkan Undang-Undang, demi mewujudkan pemilihan yang bermartabat dan berintegritas,” ujarnya.

Selain itu kata dia, dalam survei yang dilakukan Bawaslu Gowa bekerja sama dengan Polres Gowa dan Ilmu politik UIN Alauddin Makassar, masyarakat memaknai politik uang itu hanya uang cash yang mereka terima padahal barang tertentu juga termasuk politik uang.

“Peserta Pemilu yang terpilih karena praktek politik uang akan melahirkan pemimpin yang tidak berpihak kepada rakyat,” tambah Saiful Jihad.

Sementara itu, anggota Bawaslu Kabupaten Gowa, Koordiv Hukum, Humas dan Datin, Saparuddin menjelaskan tujuan dialog ini untuk menjalankan Perintah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 terkait dengan peningkatan partisipasi pengawasan masyarakat.

“Masyarakat diberikan hak untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu dan Bawaslu diberikan tugas untuk meningkatkan partisipasi pengawasan masyarakat, untuk itu perlu didengar masukan stakeholder untuk memaksimalkan kerja-kerja Bawaslu Gowa,” terangnya.(*)


BACA JUGA