Ketua Komisi I DPRD Gowa Ikut Lokakarya Penguatan Peran Pemda di Kawasan Selat Makassar

Senin, 20 Juni 2022 | 21:15 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Ketua Komisi I DPRD Gowa, Ramli Siddik Dg Rewa mengikuti Lokakarya Penguatan Peran Pemerintah Daerah di Kawasan Selat Makassar yang berlangsung di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Senin (20/06/2022).

Hadir dalam kegiatan ini sejumlah 78 Bupati/ Walikota dan Ketua DPRD dari 5 provinsi, masing-masing Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.

pt-vale-indonesia

Sementara sebagai Narasumber menghadirkan kepala otoritas IKN, Danlantamal IV Makassar, Dirjen Perhubungan Udara dan Dirjen Perhubungan Laut.

Menurut Ramli Siddik yang hadir bersama Wakil Bupati Gowa H. Abd. Rauf Malaganni di acara tersebut menjelaskan bahwa lokakarya ini bertujuan diantaranya untuk memberikan gambaran dan sosialisasi peran pemerintah daerah yang berada di Kawasan Selat Makassar untuk menopang keberadaan Ibu Kota Negara baru yang rencananya akan dipindahkan ke daerah Kalimantan Timur.

“IKN dibentuk berdasarkan UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara menjadi landasan hukum Pemindahan Ibu Kota Negara,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa, IKN sejak awal dirancang sebagai katalis untuk membuka potensi ekonomi indonesia secara keseluruhan, mendorong pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja dan diharapkan mampu menjadi multiper effect yang menjadikan episentrum pertumbuhan ekonomi yang semakin rata menuju Indonesia maju 2045.(*)


BACA JUGA