Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis meninjau Rumah Tahfidz Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa di Kecamatan Bajeng, Selasa (28/06/2022)

Pemkab Gowa Libatkan UIN Makassar Dalam Pengelolaan Rumah Tahfidz

Selasa, 28 Juni 2022 | 20:56 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengajak Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis meninjau Rumah Tahfidz Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa di Kecamatan Bajeng, Selasa (28/06/2022).

Adnan mengatakan Pemkab Gowa akan melakukan kerjasama dengan UIN Alauddin Makassar dalam pengelolaan Rumah Tahfidz ini. Menurutnya Pemkab Gowa akan melibatkan pengajar dari UIN Alauddin Makassar untuk mengajar di rumah Tahfidz ini.

Adnan menjelaskan kedepan, santri yang mondok di rumah tahfidz ini tidak hanya akan dibekali dengan hafalan Al Qur’an saja, tetapi akan dibekali dengan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan Al Qur’an.

“Jadi selain menghafal Al Qur’an, mereka juga akan diintegrasikan dengan program-program studi yang sesuai dan berkorelasi dengan program hafalan Al Qur’an, misalnya Prodi Ilmu Hadits,” ungkapnya.

Sehingga kata Adnan santri maupun santriwati yang ada di rumah tahfidz ini ketika lulus, selain menjadi penghafal Al Qur’an yang baik juga akan memiliki pengetahuan umum dan ijazah S1 atau sarjana.

Orang nomor satu di Kabupaten Gowa ini berharap alumni-alumni rumah tahfidz Kabupaten Gowa ini bisa mejadi imam-imam di masjid yang ada di dusun, lingkungan dan desa-desa dan kelurahan sekaligus menjadi da’i.

“Jadi nanti santri dan santriwati yang ada di sini selain memiliki hapalan Al Qur’an yang baik, mereka juga memiliki pengetahuan umum yang baik dan tentunya akan menjadi da’i-da’i yang moderat,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Hamdan Juhannis menyambut baik rencana kerjasama ini. Menurutnya program ini sangat bagus, apalagi sudah didukung dengan gedung yang menurutnya sangat luar biasa.

“Luar biasa gedung ini. Kalau misalkan sarana dan prasarananya sudah siap, kita pembelajarannya di sini,” kata Prof Hamdan.

Turut mendampingi Bupati Gowa, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Gowa, Rusdi Alimuddin, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Taufik Mursad, Kepala Dinas PMD Kabupaten Gowa, Muh Basir, Kepala BPKD Kabupaten Gowa, Abd Karim Dania, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Muh Rusdi, Kepala Bagian Organisasi, Sujjadan dan Camat Bajeng, Haerani.

Sedangkan dari pihak UIN Alauddin Makassar hadir Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Alauddin Makassar, Prof Darussalam, Wakil Rektor I Bidang Akademik Pengembangan Lembaga, Prof. Mardan.(*)


BACA JUGA