Pelindo Dorong Tingkatkan 3K Melalui Gelaran Budaya BTS Batch I

Kamis, 30 Juni 2022 | 19:43 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM -– PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 4 menggelar Program Budaya “Break the Silo” (BTS) Batch I. Berikut dengan melakukan kunjungan kerja ke Pelindo Regional 4 Parepare dan menggelar nonton bareng atau nobar.

Adapun kegiatan ini digelar dengan beberapa tujuan. Diantaranya, dapat mengurangi budaya hierarchy, menghilangakan SI-LO, menumbuhakan budaya sharing, serta meningkatkan Komunikasi, Kolaborasi, dan Kordinasi atau 3K antar bagian di perusahaan.

Dalam kunjungan ke Pelindo Regional 4 Parepare, peserta Program Budaya BTS yang dipimpin Departement Head Pelayanan SDM Pelindo Regional 4, Hermaji Miftah diterima langsung oleh General Manager Pelindo Regional 4 Parepare, Sardi beserta seluruh pejabat dan staf. Bertempat di Regional 4 Parepare, Senin (27/06/2022).

Pada kesempatan tersebut, General Manager Pelindo Regional 4 Parepare, Sardi melakukan pemaparan terkait kondisi eksisting yang ada di wilayahnya. Termasuk Pelabuhan Garongkong yang telah resmi dikelola oleh Pelindo Regional 4 Parepare sejak 27 Juni 2022.

“Setelah menempuh proses yang cukup panjang selama beberapa tahun, Alhamdulillah akhirnya kini Pelabuhan Garongkong menjadi bagian dari Pelindo, tepatnya unit kerja dari Pelindo Regional 4 Parepare,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya sudah merencanakan beberapa investasi alat yang akan dilakukan di pelabuhan yang terletak di Kabupaten Barru, Sulsel tersebut. Tentunya, lanjut dia, langkah itu adalah bagian dari upaya pihaknya untuk meningkatkan pelayanan yang ada di pelabuhan yang sebelumnya dikelola oleh Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Garongkong.

“Khususnya untuk layanan curah di dermaga,” ucapnya.

Selain menyuguhkan pemaparan, Sardi juga mengajak seluruh peserta Program Budaya BTS Batch I Pelindo Regional 4 untuk berkunjung ke Pelabuhan Garongkong guna menyaksikan langsung penandatanganan berita acara serah terima objek kerja sama pemanfaatan barang milik negara bersifat khusus dalam rangka penyediaan infrastruktur pada Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Garongkong yang dilakukan oleh Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Garongkong, M. Arifin bersama Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis yang diwakili Manager Project Management Officer Transformasi Petikemas Pelindo Regional 4, Zaidan Gamel.

Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lapangan. Di mana peserta Program Budaya BTS Batch I Pelindo Regional 4 diajak melihat secara langsung kegiatan bongkar muat di dermaga Pelabuhan Garongkong.

Pada hari kedua atau Selasa (28/6/2022), panitia Program Budaya BTS Batch I Pelindo Regional 4 menggelar nonton bareng atau nobar bersama perwakilan pegawai dari masing-masing Divisi pada Regional 4 di Cinepolis Phinisi Point Mall, Makassar.

“Semoga kegiatan Program Budaya BTS kita selama dua hari ini bermanfaat dan dapat mengurangi budaya hierarchy, menghilangakan SI-LO, menumbuhakan budaya sharing, serta meningkatkan 3K (Komunikasi, Kolaborasi, dan Kordinasi) antar bagian khususnya di Pelindo Regional 4,” tutup Departement Head Pelayanan SDM Pelindo Regional 4, Hermaji Miftah.(*)


BACA JUGA