Kenalkan Dunia Industri Secara Aplikatif, Prodi Listrik Poltekbos Kunjungi Malea Hydropower

Jumat, 01 Juli 2022 | 19:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Program Studi Teknik Listrik Politeknik Bosowa (Poltekbos) menggelar kunjungan industri ke Malea Hydropower Tana Toraja, Rabu (29/06/2022). Kunjungan tersebut diterima langsung oleh HRD Malea Hydropower serta Manajer Teknik.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu program yang dilaksanakan Politekbos dengan mengunjungi perusahaan bersama mahasiswa dan dosen. Tujuannya, memperkenalkan dunia usaha serta industri secara aplikatif.

Menurut Ketua Program Studi Teknik Listrik, Umar Muhammad memaparkan saat melakukan kunjungan mahasiswa mendapat pengetahuan. Itu mengenai perusahaan dan diberikan kesempatan untuk berdiskusi.

“Di sana mahasiswa juga melihat alat yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan teknologi yang sudah dirancang untuk melakukan pekerjaan disana, selain itu sebagai wadah untuk meningkatkan wawasan pengalaman yang diberikan melalui sharing dari industri yang dikunjungi,” paparnya.

Tak hanya itu saja, Umar juga menjelaskan saat kunjungan pihak industri memperkenalkan beberapa teknologi lain. Seperti trafo 11kv/150kv, kontrol yang menggunakan PLC, baterai backup, genset backup, generator, CCR, GIS.

PLTA Malea tidak menggunakan sistem DAM. Tetapi, hanya bendung dengan tinggi 5 M, dari bendung ini air untuk kebutuhan pembangkit dialihkan ke intake, sisa air tetap mengalir ke sungai saddang.

“Air dari intake kemudian masuk ke tunnel dengan panjang 12 km di kedalaman 100 m, air yang dialirkan melalui tunnel mampu menghasilkan tekanan air 42 bar untuk menggerakan turbin dengan head 430 m.

PLTA Malea menggunakan teknologi ACSC untuk mengatasi water hammer yang terjadi di tunnel. Penggunaan teknologi ini untuk pertama kalinya di Asia Tenggara.

Di akhir kegiatan, Umar menghaturkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang sudah berkontribusi membantu terlaksananya kegiatan kunjungan industri ini secara baik dan lancar.

“Semoga kegiatan kunjungan industri ini memberikan banyak manfaat untuk seluruh peserta sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja,” pungkasnya.(*)