Perkenalan Modalku di Kota Makassar yang berlangsung Coffice Coworking Space, Jalan Karunrung, Kamis (07/07/2022)/Ist

Modalku Pacu UMKM di Kota Makassar Bergeliat Lewat Pembiayaan

Kamis, 07 Juli 2022 | 16:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Platform Financial Technology (Fintech), Modalku kembali melebarkan sayapnya untuk membantu pelaku UMKM. Dan kali ini menyasar Kota Makassar.

Modalku ingin mendukung pertumbuhan bisnis para UMKM melalui penyaluran pendanaan secara lebih merata. Untuk itu, Makassar dipilih mengingat pertumbuhan UMKM yang terus meningkat.

pt-vale-indonesia

“Potensi di Makassar itu dan secara umum di Sulsel itu besar. Kalau kita lihat datanya dari Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, jumlah UMKM terus naik sejak 2019 padahal ada pandemi,” ungkap Head of Growth Modalku, Arthur Adisusanto, Kamis (07/07/2022).

Sebagai platform fintech yang telah mencakup berbagai negara di Asia Tenggara, Modalku menawarkan kemudahan pembiayaan tanpa agunan. Dana yang diperoleh bisa mencapai Rp2 Miliar dengan tenor hingga 12 bulan.

“Dengan syarat usaha sudah berbadan hukum PT atau CV dengan lama usaha mulai dari 3 bulan itu sudah bisa mendapatkan modal usaha dari kami,” ucapnya.

Di Makassar, Modalku bakal mengembangkan jaringan dengan pengguna yang sudah ada. Sekaligus merekrut talenta lokal. Dengan begitu, diharapkan para pelaku UMKM bisa merasakan program dari Modalku.

“Kami juga sangat terbuka untuk melakukan kerja sama dengan berbagai partner yang memiliki customer base di Makassar agar dapat mencapai target penyaluran pinjaman sebesar Rp20 miliar selama tahun 2022,” tambahnya.

Group Head of Brand & Marketing Communications Modalku Ariani Hadioetomo, juga menyampaikan bahwa edukasi juga harus dilakukan. Ia ingin Modalku bisa lebih luas dikenal oleh pelaku UMKM di Kota Makassar.

“Dengan menerapkan prinsip Responsible Lending, kami mengajak para UMKM untuk bisa mengetahui kondisi keuangan bisnisnya sebelum mengajukan pinjaman,” ucapnya.

“Melalui prinsip yang sama, Modalku juga melakukan penilaian terhadap UMKM peminjam dan kemampuan mereka untuk melunasi pinjaman. Di sisi lain, kami juga mengimbau masyarakat untuk lebih memahami dan cermat dalam memilih platform pendanaan yang telah berizin dan diawasi OJK,” tambah Ariani.

Terakhir, Co-Founder & COO Modalku Iwan Kurniawan berharap ekspansi itu dapat mendorong pelaku UMKM untuk terus bergeliat khusunya di masa pandemi Covid-19 ini. Sekaligus membantu pemerintah mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

“Kami percaya dengan adanya kantor representatif di Makassar, Modalku bisa memperkuat kehadiranya melalui berbagai produk pinjaman yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter UMKM di sini,” tukasnya.(*)