Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat melaksanakan Salat Iduladha 1443 Hijriyah (foto: IST)

Pesan Mentan SYL di Hari Raya Iduladha, Jaga Negeri Dengan Ketenteraman

Minggu, 10 Juli 2022 | 22:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan selamat hari raya idul adha 10 dzulhijjah 1443 hijriah. Mentan mengatakan, perayaan Idul Adha atau yang juga dikenal Idul kurban adalah momen yang tepat bagi umat muslim untuk saling berbagi.

“Semoga momen ini menjadi momen hakiki dalam kehidupan kita hari ini, besok dan hari yang akan datang. Mari kita jadikan diri kembali suci dan penuh fitrah dalam silaturahmi menjaga negeri dalam ketentraman. Karena itu mari kita saling berbagi terhadap sesama,” kata SYL, Minggu (10/07/2022).

pt-vale-indonesia

Menurut Mentan, makna lainya dalam berkurban adalah menghormati orang tua dan meningkatkan iman takwa antara ketaatan manusia dengan sang pencipta. Sebagai hamba yang taat, umat Islam juga wajib menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

“Tingkat ketakwaan seseorang bisa dilihat melalui kepeduliannya terhadap sesama. Idul Adha juga menjadi sebuah peristiwa untuk memaknai bagaimana Nabi Ismail patuh dan mendengarkan setiap perkataan Nabi Ibrahim selaku orangtuanya,” katanya.

Sebagaimana diketahui bersama, mantan gubernur Sulawesi Selatan dia periode ini sangat dekat dengan kedua orangtuanya, Muhammad Yasin Limpo dan Nurhayati Yasin Limpo. SYL bahkan tidak ragu meninggalkan aktivitas dan tugasnya kala orangtuanya membutuhkanya.

Sebagai informasi, SYL merupakan birokrat senior yang meniti karir dari kepala desa sampai Menteri. Dia merupakan salah satu pimpinan daerah yang mendapatkan bintang mahaputra dari Presiden SBY.

Baginya, semua keberhasilan dan kepercayaan masyarakat adalah bukti bahwa doa dan kasih sayang orang tua telah tertanam melalui ketaatanya kepada Tuhan Allah Swt.

“Sekali lagi saya menyampaikan selamat iduladha. Mari kita maknai iduladha sebagai konteks untuk taat kepada orang tua, menyayangi orang tua dan menghormati orang tua,” ujarnya.(*)