Kunjungi UMKM Shopee, Mahasiswa Poltekbos Beri Ide Bisnis Digital

Selasa, 12 Juli 2022 | 21:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Program studi Perhotelan Politeknik Bosowa (Poltekbos) melakukan kunjungan industri. Kali ini ke Kampus UMKM Shopee yang berlokasi Jalan AP Pettarani, Senin (11/07/2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka memperkenalkan mahasiswa. Itu tentang kegiatan wirausaha serta bisnis digital.

pt-vale-indonesia

Politebos sebagai pendidikan vokasi yang berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi menetapkan kurikulum berbasis Industrial Based Education (IBE). Salah satu misi Program studi Perhotelan adalah membentuk wirausahawan muda yang tidak hanya mampu mengelola usaha akan tetapi memasarkan produk sesuai dengan kemajuan informasi teknologi.

Dalam kunjungannya, Ketua Program Studi Perhotelan, Anggun Sari Sasmita memaparkan Shopee sebagai platform perdagangan online di Indonesia, merupakan wadah ideal untuk menambah wawasan mahasiswa. Tentu, mengenai peran e-commerce yang menjadi media terbesar bagi UMKM dalam memasarkan produk.

“Mahasiswa harus melihat semua jenis bisnis, mulai bisnis besar yang biasa mahasiswa saksikan saat praktik dan kunjungan industri di hotel, hingga bisnis kecil seperti para pebisnis yang dibantu oleh Kelas UMKM Shopee, utamanya hal paling menarik adalah mereka langsung diajar memulai bisnis digital dengan ide bisnis dari tiap pesertanya.” paparnya.

Tak hanya itu saja. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, tuntutan terhadap metode pengajaran, pendidikan dan materi pun turut meningkat.

Anggun berharap pelaksanaan kunjungan mahasiswa perhotelan diharapkan mampu menumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswa. Sehingga nantinya mereka bisa menjadi entrepreneur yang sukses.

Mahasiswa diajak berkeliling melihat fasilitas yang disediakan program ekspor shopee agar UMKM lokal dapat masuk ke pasar dunia.

Fasilitas tersebut yakni pusat ekspor, ruang pertemuan, live streaming, ruang training, ruang edukasi, studio foto serta ruang simulasi gudang.(*)