Intip Seberapa Penting Service dan Tune Up Mobil Berkala, Apa Saja?

Selasa, 19 Juli 2022 | 14:48 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

JAKARTA, GOSULSEL.COM – Sebagai pemilik kendaraan roda empat, tentunya Anda sudah tahu pentingnya rutin dan secara berkala melakukan perawatan kendaraan. Bagi anda pemilik mobil, salah satu jenis perawatan yang wajib dilakukan adalah servis dan tune up, termasuk Anda pemilik mobil Avanza.

Sayangnya, masih banyak pemilik Avanza yang belum memahami dengan tepat apa tujuan dan pentingnya melakukan servis dan tune up dan fokus pada harga & biaya tune up mobil Avanza. Padahal, rutin melakukan servis mobil Avanza seperti yang dijelaskan di duitpintar.com/biaya-servis-mobil-avanza/ penting dilakukan agar performa kendaraan Anda tetap terjaga.

pt-vale-indonesia

Sementara itu, perbedaan biaya terjadi jika pelayanan yang diberikan juga berbeda-beda. Dan mengingat tune up merupakan pengecekan kendaraan yang lebih menyeluruh, tentu biayanya juga akan lebih besar daripada biaya servis berkala.

Jika Anda salah satu pemilik kendaraan dari Jepang ini, Anda bisa memahami dengan baik pentingnya kedua jenis perawatan ini sehingga Anda tak akan lagi melewatkan jadwalnya dalam artikel berikut.

Apa Itu Servis dan Tune Up Avanza?

Servis berkala atau servis merupakan perawatan kendaraan bermotor yang dilakukan secara rutin setiap jangka waktu tertentu sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh perusahaan manufaktur.

Jadwalnya sendiri bisa Anda cek dari buku panduan kendaraan, sedangkan jangka waktunya bisa jadi sebulan sekali, bergantung pada seberapa sering kendaraan digunakan.

Biasanya, makin sering kendaraan digunakan, makin pendek pula jangka waktu servis berkalanya. Tujuan dari servis berkala adalah untuk perawatan kendaraan secara rutin yang bisa memastikan performa Avanza Anda selalu prima.

Di samping itu, servis berkala juga dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen kendaraan yang dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, biasanya mekanik juga akan mengecek komponen kendaraan serta mengganti oli mesin secara rutin.

Sementara itu, tune up mobil mengacu pada penyetelan ulang seluruh komponen mobil, yang bisa mengalami perubahan karena penggunaan terus-menerus. Tujuannya, serupa dengan servis berkala, yaitu untuk mengembalikan kinerja mesin Avanza agar kembali optimal.

Perbedaan Servis dan Tune Up Mobil

Secara garis besar, servis mobil lebih mengacu pada pengecekan bagian atau komponen Avanza yang lebih cepat kotor atau aus. Misalnya, sistem injeksi dan filter udara.

Sedangkan tune up mengacu pada pengecekan yang dilakukan lebih jauh atau menyeluruh hingga komponen-komponen penting kendaraan, misalnya sistem katup.

Di samping itu, servis dan tune up mobil juga punya perbedaan dari segi waktunya. Servis sendiri perlu dilakukan pertama kali setelah kendaraan mencapai 1.000 km jarak tempuh untuk mobil baru. Setelah itu, servis berkala dilakukan secara rutin setelah:

30.000 km, 50.000 km, dan 70,000 km untuk pengecekan kondisi ban, mesin, dan olinya.
20.000 km, 60.000 km, dan 10.000 km untuk pemeriksaan sistem kemudi, suspensi, dan sistem bahan bakar.
40.000 km, 80.000 km, dan 120.000 km untuk pengecekan bagian kompresor, oli, busi, filter udara, dan minyak rem.
Di atas 120.000 km untuk melakukan tune up.

Apabila ditemukan adanya potensi kerusakan maupun kerusakan itu sendiri pada komponen kendaraan saat pemeriksaan dilakukan, mekanik akan memberitahukan Anda dan melakukan penggantian dengan segera.

Jadi, coba bayangkan kalau anda sering melewatkan jadwal servis berkala dan kerusakan sudah terlanjur terjadi; tentu makin repot kan? Apalagi kerusakan bisa mengakibatkan mobil jadi tidak bisa digunakan. Kalaupun masih bisa, tentu rasanya tidak senyaman biasanya.

Sementara itu, tune up tak perlu harus menunggu jika mobil sudah mencapai lebih dari 120.000 km jarak tempuh. Karena jika mobil sudah terasa tak lagi nyaman dikendarai padahal Anda rajin servis, anda perlu bawa Avanza ke bengkel untuk kemungkinan melakukan tune up.

Misalnya, ketika mobil tak lagi bisa dikendarai dengan mulus. Atau terdengar suara dari kolong kendaraan kesayangan.

Itu tadi rangkuman penjelasan mengenai servis dan tune up mobil, termasuk Avanza. (*)


BACA JUGA