Bank Jago menggelar diskusi literasi keuangan syariah di Hotel Four Points by Sheraton, Sabtu (23/07/2022)

Bank Jago Dorong Literasi Keuangan Syariah Meningkat di Makassar

Sabtu, 23 Juli 2022 | 17:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Bank Jago ikut berperan aktif dalam mendorong percepatan literasi keuangan di Indonesia. Bank Jago menyelenggarakan kegiatan edukasi keuangan yang diikuti oleh berbagai komunitas di Makassar yang digelar di Hotel Four Points, Sabtu (23/07/2022).

Kegiatan ini mengangkat tema “Semakin Jago Kelola Keuangan Secara Syariah.” Edukasi keuangan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Bank Jago dalam peningkatan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia.

Bank Jago mencermati pengelolaan keuangan rumah tangga masih menjadi tantangan, seperti memantau pengeluaran sehari-hari atau memisahkan dana sesuai masing-masing kebutuhan. Pemahaman tentang pentingnya memisahkan dana sesuai masing-masing kebutuhan, termasuk memisahkan keuangan pribadi dan usaha masih menjadi tantangan bagi sebagian masyarakat.

Teknologi bisa menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan masyarakat. Itu untuk selangkah lebih jago dalam mengelola keuangannya.

Financial Planner, Dewi RD Amelia menyampaikan bahwa akselerasi teknologi semakin memampukan. Tujuannya mengatur keuangan dengan memanfaatkan aplikasi keuangan digital.

“Untuk mengatur dan memisahkan keuangan sesuai masing-masing kebutuhan, sistem amplop sudah lama dikenal masyarakat di Indonesia. Berkat perkembangan teknologi, aplikasi digital bisa membantu kita langsung memisah-misahkan uang sesuai pos-posnya,” katanya.

Sebagai bank berbasis teknologi, Bank Jago mengembangkan Aplikasi Jago (Jago App) yang dirancang untuk dapat tertanam di berbagai ekosistem digital, serta dapat disesuaikan (customized) dan dipersonalisasi (personalized) sesuai kebutuhan masing-masing nasabah, termasuk dalam mengelola keuangan secara mudah, inovatif, dan kolaboratif. Jago App memampukan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi keuangan dalam satu aplikasi, baik secara konvensional maupun syariah, dengan fitur dan layanan yang setara.

Bank Jago juga meluncurkan Aplikasi Jago Syariah (Jago Syariah App). Agat segmen syariah dapat merasakan inovasi dan fitur secanggih Jago App konvensional dengan prinsip syariah.

Head of Sharia Business Bank Jago Roy Iskandar mengatakan bahwa sama halnya dengan Jago App konvensional, fitur-fitur Jago Syariah App didesain. Itu untuk memenuhi kebutuhan saat ini (now), di masa depan (tomorrow), dan bersama-sama (together).

“Saat ini kami melihat belum ada perbankan syariah yang memiliki layanan digital yang memiliki fitur dan inovasi setara dan secanggih perbankan konvensionalnya,” ujarnya.

Salah satu fitur andalan di Aplikasi Jago maupun Jago Syariah adalah Kantong (Pockets). Fitur. Kantong dirancang untuk menjadi alat pendukung mengatur dan memisahkan keuangan sesuai masing-masing kebutuhan.

“Sebagai bank yang memanfaatkan teknologi terkini, Aplikasi Jago Syariah dirancang agar nasabah dapat menjalankan sistem amplop dengan lebih praktis dan mampu terkoneksi ke berbagai ekosistem digital,” ungkap Roy.

Nasabah dapat membuat hingga 40 kantong untuk berbagai kebutuhan seperti, kantong untuk pengeluaran, tabungan, ibadah haji/umroh, kantong zakat, kantong usaha, dana darurat, dan lainnya sesuai kebutuhan. Nasabah juga bisa memantau arus keluar masuk dana di masing-masing Kantong langsung melalui aplikasi.

Bank Jago melalui layanan keuangan berbasis konvensional dan syariah akan terus memperluas inklusi keuangan. Juga mendorong peningkatan literasi keuangan di Indonesia.

Komitmen ini merupakan wujud aspirasi Bank Jago untuk meningkatkan kesempatan tumbuh berjuta insan melalui solusi finansial berbasis digital yang berfokus pada kehidupan.Melihat pentingnya kemampuan mengelola keuangan dalam peningkatan kesempatan tumbuh masyarakat Indonesia.(*)