Pelaku UMKM di Gowa Manfaatkan APKASI Otonomi Expo 2022 untuk Promosi Produk

Sabtu, 23 Juli 2022 | 00:43 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sejumlah Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Gowa memanfaatkan kegiatan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo 2022 sebagai wadah untuk mempromosikan produk-produk usahanya secara lebih luas.

Kegiatan APKASI Otonomi Expo 2022 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Hall A dan B Jakarta, sejak 20 hingga 22 Juli 2022, memang diperuntukkan sebagai ruang untuk mempromosikan berbagi produk yang dihasilkan pelaku UMKM di segala sektor.

Salah satu pelaku UMKM yang ambil bagian yakni Pemilik Raja Madu Sulawesi, Ariani. Sebagai salah satu brand UMKM asal Kabupaten Gowa ini memasarkan produk madu asli dan sudah teruji di laboratorium, serta sebagian besar produk madu yang dihadirkan asli dari Kabupaten Gowa.

“Alhamdulillah kita sudah difasilitasi oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) untuk uji laboratorium untuk penerbitan SNI-nya dan label halalnya juga sudah masuk di komisi Fatwa MUI,” ujarnya di konfirmasi di sela-sela APKASI Otonomi Expo 2022, Jumat (22/07/2022).

Ariani pun menyambut baik karena dirinya dilibatkan dalam kegiatan pameran-pamaren seperti di APKASI Otonomi Expo 2022 ini. Menurutnya ini sangat membantu dalam memperkenalkan produk madu yang dihasilkan.

“Alhamdulillah, untuk menjadi pengusaha atau UMKM harus menjalin kerjasama dengan pemerintah ataupun BUMN. Alhamdulillah melalui pameran-pameran dan edukasi pelatihan penjualan kami meningkat,” ungkapnya.

Selain itu, kata Ariani sejauh ini dukungan Pemerintah Kabupaten Gowa melalui dinas terkait sangat luar biasa. UMKM di Kabupaten Gowa banyak dilibatkan dalam berbagai kegiatan, seperti pameran, pelatihan pemasaran melalui digital.

“Ini sangat kami rasakan manfaatnya apalagi di saat pandemi kemarin sangat terasa manfaatnya bantuan dari pemerintah bagi UMKM,” ucapnya.

Sementara, Pemilik Brand Sirup Sarabba, Hajira yang produknya juga ikut serta dipamerkan dalam pameran tersebut mengaku bangga. Menurutnya, saat ini pelaku UMKM sangat bersemangat merintis usahanya, olehnya memang sangat diharapkan dukungan penuh dari pemerintah.

“Dengan mengikutkan produk kami pada pameran-pameran nasional seperti ini tentunya sangat membuka peluang untuk memasarkan produk kami secara luas. Sehingga pemasaran kami bisa lebih besar lagi, bahkan menjangkau berbagai daerah,” katanya.

Apalagi, ia menyakini produk-produk yang dihasilkan dari pelaku UMKM adalah produk unggulan yang memiliki kualitas terbaik.

Selain itu pada pameran tersebut juga hadir 15 pelaku UMKM binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Dispedastri) Kabupaten Gowa. Mereka memamerkan produk unggulan seperti sarung sutera cura’ labba, kain batik lontara, tas anyaman bambu, cemilan dan lainnya.(*)


BACA JUGA