Buka KMD FIP UNM, Fatma Harap Peserta Jadi Ujung Tombak Gerakan Pramuka

Senin, 25 Juli 2022 | 19:43 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebanyak 320 mahasiswa PGSD FIP UNM mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD). Kegiatan itu dibuka Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, di Lapangan Tennis FIP UNM, Senin (25/07/2022).

Dalam sambutannya, Fatma mengatakan KMD ini sebagai titik tolak paling mendasar bagi para calon pembina. Itu untuk memperoleh legalitas membina anggota Pramuka di gugus depan dan nantinya akan memperoleh Sertifikat Hak Bina (SHB).

“Ini merupakan suatu upaya berkesinambungan organisasi Gerakan Pramuka. Saya bersyukur karena kegiatan ini mendapat dukungan para pimpinan Universitas dan Fakultas yang sangat baik karenanya dari sini akan lahir pembina-pembina Pramuka yang mampu mengikuti perkembangan zaman tanpa melupakan kearifan lokal,” ucapnya.

Fatma juga mengatakan KMD ini sebagai bekal para mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya nanti. Adapun dengan menjadi pembina Pramuka yang mumpuni.

“Apalagi kakak-kakak sekalian akan menjadi guru SD, sebagai jenjang pendidikan yang merupakan awal bagi perkembangan rasa nasionalisme dan spiritual peserta didik kita,” sebutnya.

Tak lupa juga Fatma, menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergitas dari setiap stakeholder Gerakan Pramuka. Terkhusus yang ada dalam wilayah Kwartir Cabang Makassar.

Fatma pun berharap peserta KMD nantinya akan menjadi ujung tombak dalam pendidikan kepramukaan di gugus terdepan, dan menjadi teladan sebagai upaya peningkatan kualitas diri dan mampu memotivasi diri menjadi lebih baik.

“Saya harap para peserta ini menjadikan Gerakan Pramuka sebagai wadah pengendalian diri dari pengaruh negatif agar generasi bangsa tumbuh cemerlang,” harap Fatma.(*)