Bank Indonesia Dorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah di Kawasan Indonesia Timur

Jumat, 29 Juli 2022 | 19:55 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Bank Indonesia (BI) tengah berupaya mendorong agar potensi ekonomi syariah di Kawasan Timur Indonesia (KTI) bisa bertumbuh. Upaya itu terlihat dengan menggelar Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) KTI.

Serangkaian agenda Fesyar dimulai tanggal 28 sampai 31 Juli. Adapun pembukaan berlangsung di Hotel Claro pada Kamis (28/07/2022). Selanjutnya digelar di Trans Studio Mall (TSM) Makassar.

Kepala Perwakilan BI Sulsel, Causa Iman Karana, mengatakan, egiatan Fesyar ini merupakan upaya mendorong akselerasi pengembangan ekonomi syariah di Kawasan Timur Indonesia (KTI). “Kita berharap ini menjadi peluang menuju pemulihan ekonomi di KTI, khususnya di Sulsel,” katanya.

Sementara, Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah BI, Arief Hartawan, mengatakan, potensi ekonomi syariah sangat besar. Olehnya, pihaknya terus berupaya mendorong pengembangannya, khususnya di Makassar yang memiliki potensi besar.

“Kami melihat potensi syariah sangat besar di Makassar sebagai gerbang KTI. Untuk itu, sinergitas dari berbagai stakeholder untuk mendorong ekonomi syariah sangat penting, baik peran Pemprov dan Pemda untuk mendukung ekosistemnya,” katanya.

Sementara, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara, menyampaikan apresiasinya kepada BI yang terus berperan aktif dalam mendorong pengembangan ekonomi syariah. Di mana salah satunya melalui penyelenggaraan Fesyar KTI di Kota Makassar.

“Hal tersebut akan membantu mendorong akselerasi pengembangan ekonomi syariah, khususnya di wilayah KTI,” tukasnya.(*)


BACA JUGA