Awali Agustus, Kompetisi Archipelago Barista Latte Art Digelar di ASTON Makassar

Senin, 01 Agustus 2022 | 17:15 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM –- Mengawali bulan Agustus, Archipelago yang merupakan hotel manajemen yang membawahi ASTON Makassar Hotel, Harper Perintis & Favehotel Losari mengadakan kompetisi Latte Art. Kompetisi itu diperuntukkan bagi Barista di Kota Makassar.

Sebanyak 20 peserta yang berasal dari beberapa cafe & resto di Kota Makassar mengikuti kompetisi ini yang berlokasi di ON20 Hall & Dine, ASTON Makassar Hotel & Convention Center. Tak hanya itu, beberapa anggota dari komunitas Barista Makassar juga turut hadir dalam kompetisi yang berlangsung mulai pukul 09.00 sampai 14.00 WITA.

pt-vale-indonesia

“Keberadaan barista di Makassar sudah banyak dan ini yang mendorong kami untuk mengadakan kompetisi ini. Begitu juga semangat yang datang dari komunitas barista saat mendengar akan diadakannya kegiatan ini sejak mulai di promosikan acara ini,” ungkap Muh. Zubair selaku Ketua Panitia sekaligus Food & Beverage Manager, ASTON Makassar, Senin (01/08/2022).

Zubair menambahkan, kompetisi ini digelar secara battle atau bersaing dua peserta untuk berkompetisi dihadapan dewan juri. Mereka berasal dari Barista Class, grup Archipelago dan Indonesia Food & Beverage Manager Association (IFBMA).

Kriteria penilaian meliputi beberapa hal. Mulai kreatifitas seni yang ditampilkan barista, keutuhan gambar dan kontras dari gambar yang ditampilkan oleh barista.

“Peserta memiliki beberapa tahap untuk bersaing dalam kompetisi ini, dimulai dari tahap pertama yaitu tahap penyisihan, kemudian perempat final, semi final hinga terpilih sebanyak 5peserta yang berhasil lolos mengikuti Grand Final,” ucap Zubair.

Lanjutnya, kemudian pemenang hanya akan dipilih menjadi 3 pemenang. Ialah juara 1 dengan hadiah Rp1 Juta, juara 2 Rp700 ribu hingga juara 3 Rp500 ribu beserta merchandise dari beberapa sponsor yang juga turut memeriahkan kegiatan.

Selain itu, dari Archipelago, I Made Sumardika selaku Coorporate Food & Beverage Manager, menyatakan bahwa kegiatan ini juga sering digelar dibeberapa kota besar, seperti area Jawa & Bali. Kali ini ASTON Makassar menjadi tuan rumah untuk regional Indonesia Timur.

“Kompetisi battle ini juga sering diadakan area Jawa dan Bali, yang kami harapkan dapat menjadi kegiatan rutin bagi setiap unit agar kreativitas dari teman-teman barista terus meningkat dengan adanya kompetisi bersama,” tutup Made.(*)