FOTO: Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo bersama para pemangku adat dan beberapa Forkopimda saat berziarah ke makam raja Tallo/Jumat, 22 Juli 2022/ist

Ketua DPRD Makassar Ziarah Makam Raja Tallo, Begini Pesannya

Selasa, 02 Agustus 2022 | 13:46 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo, menghadiri Napak Tilas Toraja-Tallo pada Jumat, 22 Juli 2022 lalu.

Turut hadir pada hari itu Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki didampingi oleh Assisten Menteri Pertahanan yang juga sebagai Ketua Umum Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) Majen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumba.

Dalam lawatannya, Rudianto Lallo bersama Andi Muhammad dan Yulius Selvanus Lumba menyempatkan untuk berziarah ke Kompleks Pemakaman Raja-Raja Tallo. Kegiatan tersebut memberikan pemahaman terhadap sejarah Kerajaan Talo, Kerajaan Gowa dan Kerajaan Toraja.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan sebagai ajang pemersatu dari tiga kerajaan tersebut yang merupakan satu kesatuan yang tidak dipisahkan.

Tampak kegiatan tersebut juga merupakan ajang silaturahim dan mendapatkan respon positif oleh tokoh-tokoh adat dan tokoh-tokoh masyarakat beserta masyarakat setempat.

Rudianto Lallo yang dimintai tanggapan soal tujuan kegiatan yang digelar beberapa waktu lalu mengatakan, bahwa ini adalah salah satu untuk mempersatukan suku dan budaya, khususnya yang ada di Sulawesi. Menurutnya, Makassar adalah tempat masyarakat urban, sehingga pesan-pesan persaudaraan itu harus tetap disampaikan.

“Kita harus tetap mengingatkan, bahwa suku Makassar, Bugis, Toraja maupun Mandar itu adalah saudara yang tidak pernah terpisahkan, dan itu tercatat dalam sejarah,” kata dia.(*)


BACA JUGA