Kunjungi Makam Raja Tallo, Rudianto Lallo: Suku Makassar, Bugis, Mandar dan Toraja Bersaudara

Rabu, 03 Agustus 2022 | 14:38 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, Rudianto Lallo, menghadiri Napak Tilas Toraja-Tallo pada Jumat (22/07/2022).

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Pangdam XIV/ Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki didampingi oleh Asisten Menteri Pertahanan yang juga sebagai Ketua Umum Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) Majen TNI (Purn.) Yulius Selvanus Lumba.

Dalam lawatannya, Rudianto Lallo bersama Andi Muhammad dan Yulius Selvanus Lumba menyempatkan diri untuk berziarah ke Kompleks Pemakaman Raja-Raja Tallo.

Kegiatan tersebut memberikan pemahaman terhadap sejarah Kerajaan Tallo, Kerajaan Gowa dan Kerajaan Toraja. Tak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan sebagai ajang pemersatu dari tiga kerajaan tersebut yang merupakan satu kesatuan yang tidak dipisahkan.

“Terkait dengan hal itu, napak tilas Toraja-Tallo merupakan bukti sejarah di masa lalu yang perlu dijaga dan dilestarikan karena mewariskan nilai-nilai leluhur. Bahwa sesunguhnya suku Makassar, Bugis, Mandar dan Toraja merupakan bersaudara,” ucap Rudianto.

Tampak kegiatan tersebut juga merupakan ajang silaturahim dan mendapatkan respon positif oleh tokoh-tokoh adat dan tokoh-tokoh masyarakat beserta masyarakat setempat.(*)


BACA JUGA