Sajikan Ragam Cerita Makanan dan Minuman Indonesia, GoFood Rilis Tren dan Lanskap Kuliner

Rabu, 10 Agustus 2022 | 15:23 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ebook Sajian Cita Rasa GoFood: Tren dan Lanskap Kuliner Indonesia diluncurkan. Menyajikan ragam cerita makanan dan minuman di Tanah Air.

Memaparkan tren di tengah pelanggan GoFood yang tersebar di 74 kota, eBook ini menjadi salah satu persembahan GoFood sebagai pionir online food delivery. Itu untuk mendukung pertumbuhan UMKM khususnya di bidang kuliner.

Ebook ini melibatkan Kevindra Soemantri, Pengamat dan Penulis Kuliner kenamaan Indonesia. Di mana memberikan berbagai pengetahuan mengenai dunia kuliner.

Buku Sajian Cita Rasa GoFood juga menyajikan paparan mendalam seputar pengaruh faktor sosial dan budaya. Itu terhadap transformasi kuliner masyarakat Indonesia.

Head of Food and Indonesia Sales & Ops PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, laporan ini menggambarkan pengetahuan mendalam GoFood sebagai pemimpin layanan online food delivery. Yang mana memahami seluk beluk lanskap dan tren kuliner.

“Kami menyusun buku ini untuk menjadi inspirasi dan #RekomendAsik (rekomendasi asik) bagi pelanggan dalam mengeksplor menu kuliner favoritnya. Sementara, mitra UMKM kuliner dapat memanfaatkan insights atau data-data dalam laporan ini untuk terus mengembangkan bisnis mereka,” ucap Catherine.

Ia menambahkan, Indonesia memiliki cita rasa kuliner yang sangat kaya. Ebook Sajian Cita Rasa GoFood ini diharapkan dapat menjadi teman bagi seluruh pecinta kuliner untuk dapat mengenal, merasakan dan semakin mencintai ragam kuliner nusantara.

“GoFood memahami bagaimana setiap individu memiliki preferensi unik dalam menikmati kuliner. Oleh karena itu, menggunakan teknologi dan personalisasi data, kami akan terus berinovasi untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut,” katanya.

Ini tercermin dalam beberapa inovasi yang telah dihadirkan, seperti fitur Pickup, Resto Terlaris (Best Seller), Resto Terdekat (Near Me), Ulasan Pelanggan (Review) serta Ongkos Parkir. Tak ketinggalan, fitur Koleksi Promo dan Mode Hemat yang semakin memudahkan pelanggan menikmati jutaan menu dengan harga yang lebih terjangkau.

“Layaknya efek bola salju, kami percaya kepuasan pelanggan juga akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan bisnis UMKM kuliner di tanah air,” tutup Catherine.

Berdasarkan laporan di dalam Sajian Cita Rasa GoFood: Tren dan Lanskap Kuliner Indonesia, terungkap bahwa kuliner nusantara selalu dicintai masyarakat Indonesia dan diyakini akan terus menjadi favorit pelanggan layanan online food delivery.

Namun demikian, jenis makanan yang tersaji dari hasil kreativitas pengolahan menu serta pengaruh perkembangan tren kuliner di luar negeri seperti Croffle juga diprediksi akan terus mengambil hati para pelanggan.

Kevindra Soemantri, Pengamat dan Penulis Kuliner kenamaan Indonesia yang turut terlibat dalam penyusunan buku ini mengatakan semakin dicintainya kuliner nusantara tidak terlepas dari perkembangan teknologi.

“Saat kulkas ditemukan, manusia kemudian bisa menyimpan bahan baku segar lebih lama. Hal ini mendorong munculnya jenis makanan baru. Kini, dengan lahirnya era layanan pesan-antar makanan seperti GoFood, khazanah kuliner masyarakat, termasuk untuk menu-menu khas Indonesia jadi lebih kaya,” katanya.

Lebih lanjut, Kevindra menambahkan, GoFood tidak hanya ikut melestarikan, tetapi juga mendorong para legenda kuliner untuk berani berinovasi dan mengikuti cara konsumsi masyarakat baru yang lebih muda, tanpa menghilangkan identitas dan keunikan masing-masing.

Strategi dan inovasi mengantarkan GoFood untuk terus jadi pemimpin di industri. Menurut riset pihak ketiga, yaitu Tenggara Strategics, GoFood dinobatkan sebagai platform dengan nilai transaksi tertinggi dibandingkan pemain online food delivery (OFD) lainnya di Tanah Air, dengan estimasi nilai transaksi sebesar Rp30,65 triliun sepanjang tahun 2021.

Sementara, Laporan Survei Jakpat 2 menyatakan bahwa GoFood merupakan layanan OFD paling populer (61 persen) dan paling banyak digunakan (39 persen).

Hal senada juga diungkap oleh hasil riset Sucor Sekuritas 3 di mana GoFood mendapatkan predikat sebagai OFD yang paling banyak digunakan oleh responden (34 persen) dan mayoritas merchant kuliner (64 persen) menyatakan bahwa penjualan terbesar didapatkan dari GoFood dibanding layanan pesan-antar makanan lainnya.

Sajian Cita Rasa GoFood Tren dan Lanskap Kuliner Indonesia hadir dalam bentuk eBook, yang dapat diakses di bit.ly/TrendanLanskapKulinerGoFood.

Kuliner Berbasis Kearifan Lokal yang Terus Diburu di Makassar

Makassar dikenal juga sebagai salah satu kota transit. Sebab, banyaknya para pendatang dari barat Indonesia yang transit atau berkunjung sejenak di kota ini sebelum melanjutkan perjalanan menuju ke Timur Indonesia.

Karena banyak pendatang ataupun wisatawan, banyak kuliner khas Makassar seperti Mie kering menjadi menu yang paling banyak diburu saat berkunjung ke kota ini.

Mie kering dengan kuah kental kaya rasa ini ternyata sudah dipesan oleh para pelanggan GoFood di kota Makassar. Total sebanyak lebih dari 60 ribu kali periode hingga Juni 2022.(*)