Ini Upaya Bapenda Makassar Genjot Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 16:16 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar berupaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal itu dilakukan sesuai instruksi dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Danny-Fatma.

Kepala Bapenda Kota Makassar, Firman Paggara mengatakan pihaknya terus melakukan upaya itu mulai dari edukasi hingga sosialisasi. Sehingga, masyakarat taat bayar pajak.

“Ini upaya upaya edukasi kepada seluruh wajib pajak khususnya restauran untuk selalu tepat waktu dan tepat jumlah dalam membayarkan pajaknya,” kata Firman, Sabtu (13/08/2022).

Mantan Kabag Humas Pemkot Makassar ini yakin PAD Makassar meningkat dari tahun ke tahun. Olehnya itu, petugas diharapkan bekerja maksimal.

“Selain edukasi melalui sosialisasi juga ada penerapan uji petik, pemasangan kamera dan beberapa mesin Tapping box, upaya ini yang dilakukan pada saat ini oleh Bapenda Kota Makassar,” tutupnya.

Sebelumya, Bapenda Makassar telah menggelar sosialisasi kepatuhan wajib pajak. Terbaru, kegiatan ini berlangsung di Hotel Horison Ultima pada Kamis (11/08/2022).

“Dengan kita mengingatkan wajib pajak terkait kepatuhan apalagi ini kita lihat ekonomi di Makassar sudah reborn lagi,” ucap Kepala Bidang (Kabid) Pajak 1 dan Retribusi Daerah Bapenda Makassar, Harryman.

Harryman menjelaskan upaya ini dilakukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak restoran di Makassar.
Ia pun yakin para wajib pajak taat dan patuh akan kewajibannya.

“Kelihatan juga dari pembayaran pajak ini mengalami peningkatan cukup signifikan. Sudah ada kelebihan di bulan juli Rp35 Miliar,” tukasnya. (*)


BACA JUGA