Adnan Lantik Wakil Bupati Torut Jadi Ketua PMI

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:29 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan melantik Wakil Bupati Toraja Utara (Torut), Frederick Victor Palimbong sebagai Ketua PMI Torut bersama para Pengurus PMI Kabupaten Toraja Utara Masa Bakti 2022-2027 di Ruang Pola Marante, Kantor Bupati Toraja Utara, Kabupaten Toraja Utara, Jumat (19/08/2022).

Adnan menjelaskan bahwa PMI sebagai organisasi non-profit yang mengurusi kemanusiaan tidak bisa berjalan sendiri. Tetapi dibutuhkan kolaborasi semua pihak untuk bisa memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan.

Olehnya ia berpesan agar setiap anggota, relawan, dan pengurus PMI senantiasa mengamalkan ketujuh Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional di dalam setiap aktivitasnya.

“Siapapun yang terlibat di PMI, itu adalah panggilan nurani. Karena PMI ini adalah organisasi yang dibangun untuk membantu dan menyelamatkan setiap orang yang membutuhkan tanpa memandang latar belakangnya,” ujarnya.

Lanjut Adnan, PMI sebagai organisasi kemanusiaan harus siap setiap saat jika dibutuhkan oleh masyarakat. Seluruh relawan PMI khususnya di Torut siap satu kali dalam 24 jam.

“Saya berharap kedepan bisa meyiapkan markas yang baik dan representatif di Torut ini untuk relawan, karena relawan ini kekuatan kita,” tandasnya.

Selain itu, ketersediaan darah juga harus menjadi perhatian pengurus PMI Torut. Hal ini penting untuk bisa memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Untuk mengatasi persediaan darah di kabupaten/kota maka teruslah bekerjasama dengan semua pihak yang ada. Buat jadwal untuk donor darah rutin sehingga kebutuhan dan bisa kita atas sebaik-sebaiknya,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua PMI Torut, Frederick Victor Palimbong menyampaikan terimakasih atas ditunjuknya dirinya sebagai Ketua PMI Torut. Menurutnya tentu amanah yang mulia ini akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Kami pengurus tentu bertekad untuk meningkatkan layanan dari sukarelawan dan markas. Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, semoga kami semua yang dilantik bisa amanah dalam menjalankan tugas yang mulia ini,” ucapnya.

Frederick kepada Adnan yang juga Bupati Gowa menyampaikan saat ini di Torut sudah ada gedung transfusi darah. Hanya saja menurutnya masih kosong dan akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat. Selain itu di Torut juga sudah ada mobil PMI yang merupakan CSR dari Bank Sulselbar.

“Mobil PMI akan ditambah satu unit, dengan adanya tambahan mobil itu kita berharap bisa menjangkau beberapa wilayah Toraja Utara yang terpencil,” tambahnya.

Turut pula mendampingi Ketua PMI Sulsel, beberapa pengurus PMI Sulsel, yakni Sekretaris PMI Sulsel, Rahmansyah, para Wakil Ketua PMI Sulsel dan sejumlah Pengurus PMI Sulsel.(*)


BACA JUGA