Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri Kemah Merdeka Toleransi yang digelar Kanwil Kemenag Sulsel di Bumi Perkemahan Pakkatto, Senin (15/08/2022)/Ist

Tahun Ini Pemkab Gowa Luncurkan Program Maha Santri dan Satu Desa Satu Sarjana

Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:58 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Pemerintah Kabupaten Gowa tahun ini akan meluncurkan dua program di bidang keagamaan. Kedua program itu yakni program Maha Santri dan Satu Desa Satu Sarjana.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, bahwa program Maha santri ini diluncurkan untuk
mendukung program satu hafidz satu desa dan kelurahan, satu hafiz satu.

pt-vale-indonesia

“Program ini menggandeng seluruh Desa dan Kelurahan dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar,” kata Adnan.

Menurut dia, kedepan mereka yang tergabung dalam program maha santri ini akan menghafal Al Quran selama 3 tahun di rumah Tahfiz milik Pemerintah Kabupaten Gowa di Kecamatan Bajeng.

Setelah itu, lanjut 2 semester atau satu tahun di UIN Alauddin Makassar untuk kuliah yang sesuai dengan hapalan Al Quran.

“Kenapa disebutkan dengan maha santri karena kita bekerja sama dengan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, di mana rumah tahfidz yang ada di Kecamatan Bajeng khususnya Kelurahan Limbung yang akan mencetak para penghafal Alquran kita kerjasama dengan UIN Alauddin Makassar,” jelasnya.

Selain program maha santri, pemkab Gowa juga kata Adnan akan meluncurkan program yaitu satu desa satu sarjana dan satu kelurahan satu sarjana.

Menurutnya, program ini sebagai tindak lanjut perluasan dri investasi sumber daya manusia 25 tahun untuk membangun sumber daya manusia Kabupaten Gowa yang lebih baik.

“Ini tiada lain untuk kita dapat meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Gowa yang lebih berkualitas sehingga kita bisa menatap Indonesia emas pada 2045, di mana salah satu indikatornya adalah bonus demografi yaitu lebih banyaknya usia produktif dibandingkan usia yang non produktif,” tambahnya. (*)


BACA JUGA