Suasana Rapat internal pemilihan pimpinan Pansus ranperda inisiatif PD Parkir Gowa.

Anwar Usman Komitmen Kawal Ranperda PD Parkir Gowa

Senin, 29 Agustus 2022 | 11:57 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM-Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Gowa, H. Anwar Usman komitmen dalam mengawal Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif Perusahaan Parkir di Kabupaten Gowa.

Komitmen itu ditunjukkan H. Anwar Usman dengan segera melaksanakan rapat pemilihan pimpinan Pansus ranperda PD Parkir Gowa belum lama ini.

pt-vale-indonesia

“Hari Jum’at lalu kami rapat perdana internal untuk memilih pimpinan Pansus ranperda inisiatif PD Parkir Gowa ,” kata H. Anwar Usman saat dikonfirmasi baru-baru ini.

Dari hasil rapat perdana ini, H. Anwar Usman terpilih sebagai ketua pimpinan Panitia Khusus (Pansus). Kemudian Wakil Ketua Andi Lukman Naba dan Sekretaris Abd Razak Lewa.

H. Anwar Usman mengaku bahwa, setelah Pansus ranperda inisiatif tentang PD Parkir Gowa ini terbentuk, maka pihaknya akan mengagendakan untuk berkonsultasi ke Kemendagri di Jakarta.

“Kita sudah agendakan untuk berkonsultasi ke Kemendagri di Jakarta,” ujarnya.

Untuk diketahui, ranperda inisiatif tentang Perusahaan Parkir Gowa ini merupakan inisiasi Bapemperda DPRD Gowa.

Selaku ketua Bapemperda DPRD Gowa, H. Anwar Usman menilai bahwa ranperda inisiatif tentang PD Parkir di Kabupaten Gowa ini sangat penting sesuai dengan perkembangan zaman.

Terlebih lagi, Gowa sebagai kabupaten penyangga kota Makassar yang semakin kedepan pergeseran penduduk juga akan semakin meningkat baik di sektor perumahan, industri dan hal-hal lain yang harus diatur dengan baik.

Menurutnya, ranperda tentang PD Parkir ini bukan hanya semata-mata perparkiran, tapi bagaimana upaya pemerintah dalam menata kabupaten Gowa semakin baik dan terlihat lebih nyaman kedepannya.

“Jadi ranperda inisiatif ini selain menata Gowa yang lebih nyaman, termasuk juga ada potensi pendapatan asli daerah (PAD),” ujarnya.

Tetapi dibalik itu lanjut Anwar Usman, harapan selaku inisiator dari ranperda inisiatif ini nantinya bisa mengangkat para direksi dan pegawai melalui fit and proper test yang berkualitas sehingga menciptakan dan merekrut direksi yang profesional dan memiliki visi misi.

“Ini harapan kita kedepan jika ranperda inisiatif tentang PD Parkir ini disetujui. Karena dalam hal perparkiran ini ada dua hal yang menjadi objek pendapatan daerah yaitu retribusi dan pajak parkir,” ujarnya.

Menurut politisi dari Partai Perindo Gowa itu, pajak parkir itu biasanya di pertokoan, rumah sakit itu masuk pajak parkir bukan retribusi.

Sehingga dibutuhkan juga dukungan pemerintah untuk ketersediaan alat parkir atau jasa parkir itu, portal.

“Jadi bukan sekedar parkir retribusi yang biasa kita lihat. Tapi perlu ada ketersediaan fasilitas yang bisa meminimalisir kebocoran parkir itu,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa, ranperda tentang PD Parkir ini akan dibahas dalam waktu dekat oleh pansus DPRD Gowa.

“Saya selaku ketua Bapemperda dan mungkin juga akan lanjut sebagai ketua pansus kedepan. Insyaallah secepatnya kita akan bahas,” tuturnya.

Anwar Usman juga mengaku optimistis dengan adanya ranperda tentang PD Parkir ini akan bisa meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Gowa kedepannya.

“Tapi itu tergantung dengan direksi yang akan diangkat dan harus di kelola dengan baik. Karena biar perda nya sudah ada tapi tidak di kelola pasti akan amburadul,” pungkasnya. (*)

Tags:

BACA JUGA