Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL)

Mampu Wujudkan Swasembada Beras, Komisi IV Apresiasi Kerja Keras Mentan SYL

Selasa, 06 September 2022 | 10:26 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

JAKARTA, GOSULSEL.COM — Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Demokrat, Nur Aini mengapresiasi kerja keras Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) dalam meningkatkan produksi nasional. Padahal menurut dia, anggaran di Kementan makin tipis karena adanya refocusing penanganan krisis pandemi Covid-19.

Diketahui, baru-batu ini lembaga penelitian beras dunia, IRRI memberikan penghargaan terhadap sistem ketahanan pangan Indonesia yang mampu mewujudkan swasembada dalam waktu tiga tahun terakhir.

“Saya memberikan apresiasi kepada Menteri Pertanian (SYL) yang sudah bekerja keras dan juga berpikir keras untuk bisa menggenjot sektor pertanian Indonesia sehingga hasilnya luar biasa,” ujar Nur Aini, Senin (05/09/2022).

Nur Aini mengatakan, bila dilihat dari catatan statistiknya maka produksi padi nasional terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Terlebih pertanian juga memberi kontribusi besar terhadap pertumbuhan PDB dan laju ekonomi.

“Saya yakin di tangan pak menteri, sektor pertanian ini menjadi penentu dari pembangunan nasional kita. Apalagi dengan kebijakan yang ada saat ini seperti mengembangkan program food estate, saya melihat sangat luar biasa,” katanya.

Ke depan, kata Nur Aini, sektor pertanian harus menjadi perhatian bersama dan juga menjadi tujuan bersama dalam mengembangkannya. Diapun melihat, SYL memiliki semangat tinggi dalam menjalankan amanah Presiden Jokowi.

“Dari sisi niatannya sudah sangat luar biasa lah. Di tengah tantangan yang cukup besar ini pangan kita tetap tumbuh. Walaupun diberi anggaran tipis-tipis yang sabar, yang kuat, yang semangat dalam berjuang untuk bisa meningkatkan stabilisasi pangan nasional kita,” jelasnya.(*)


BACA JUGA