Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL)

Apresiasi DPR Untuk Kementan, Optimis Indonesia Capai Swasembada di Tahun Berikutnya

Kamis, 08 September 2022 | 15:17 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

JAKARTA, GOSULSEL.COM — Angota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Demokrat, Suardi Duka mengapresiasi kinerja jajaran Kementan di tiga tahun terakhir. Dia pun mengaku optimis Indonesia mampu mencapai swasembada pada tahun berikutnya. Menurut Suardi, swasembada tahun ini merupakan modal yang cukup kuat bagi jajaran Kementan agar bekerja lebih keras lagi.

“Saya harus mengapresiasi bahwa Indonesia telah mampu memenuhi kebutuhan pangan dalam tiga tahun terakhir khususnya beras. Kita berharap swasembada juga terjadi di tahun 2022, 2023, dan 2024 sampai tahun-tahun berikutnya. Kalau ini kita capai maka bukan hanya IRRI tapi juga PBB yang akan memberi penghargaan,” ujar Suardi dalam rapat kerja bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Kamis (08/09/2022).

pt-vale-indonesia

Suardi mengatakan, semua capaian ini juga tak lepas dari kerja keras para Dirjen dalam menyalurkan bantuan dan melakukan pendampingan sehingga produkai nasional dan kesejahteraan petani terus meningkat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua Dirjen atas kerja samanya dalam menyalurkan bantuan pemerintah melalui aspirasi anggota Komisi IV DPR RI dan ini dirasakan oleh para petani kita,” katanya.

Anggota Komisi IV lainnya, Dwita Ria Gunadi mengapresiasi kinerja jajaran Kementan yang membantu DPR dalam menyerap aspirasi rakyat di tiap dapil wilayah kerjanya. Kata Dwita, pola kerja seperti itu mampu membantu Komisi IV dalam melaksanakan kerja di lapangan.

“Kami apresiasi kinerja Kementan yang selama ini dilaksanakan. Kami di Dapil sangat terganti pak. Alhamdulillah penyuluh-penyuluh selalu mengikuti kegiatan-kegiatan rapat yang dilakukan oleh Kementan dan Komisi IV. Mereka menyambut gembira karena Kementan akan menaikkan biaya operasional penyuluh pertanian,” katanya.

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan bahwa Kementan juga sudah sangat tepat dalam membangun kampung hortikultura yang terintegrasi dengan subsektor lainnya. Dia berharap, kampung semacam itu dapat dibangun di seluruh Indonesia yang terkonsentrasi pada sumber buah unggul.

“Fraksi Gerindra mendukung kawasan kampung hortikultura agar memiliki daerah terkonsentrasi sumber buah,” jelasnya.(*)


BACA JUGA