Ketua DPRD Makassar: Sektor Ekonomi Kreatif Penopang Pertumbuhan Ekonomi Makassar

Kamis, 08 September 2022 | 21:43 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, Rudianto Lallo mengapresiasi penyelenggaraan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) yang resmi dibuka pada Rabu (07/09/2022) malam, di anjungan Pantai Losari Makassar.

Ia mengatakan, industri kreatif yang saat ini banyak dimotori oleh generasi milenial telah menjadi kekuatan baru dibalik pertumbuhan ekonomi, baik lokal maupun nasional.

“Hadirnya Makassar F8 ini sangat positif untuk memberi ruang bagi industri kreatif bertumbuh dan pelaku-pelaku usaha di bidang ini mempunyai wadah untuk memperkenalkan karyanya yang pasti bernilai ekonomis,” tutur Rudianto.

Industri kreatif menurut legislator dari Partai Nasdem ini berkembang cukup baik saat ini. Hal tersebut ditunjang oleh pesatnya kemajuan teknologi. Pasar yang selama ini dilakukan secara offline kini dapat dilakukan secara online.

“Nonton film hasil karya anak Makassar misalnya, sudah bisa melalui gadget di tangan. Ini membuka ruang bagi pelaku perfilman bertumbuh, mendapatkan lebih banyak penghasilan melalui internet,” sambungnya.

Hal positif juga dirasakan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya yang bergerak dibidang kuliner. Menurutnya, hadirnya Makassar F8 ini juga menjadi sarana yang baik untuk melakukan promosi.

“Pelaku usaha kuliner khususnya yang khas Makassar, kalau selama ini jualannya online misalnya, di acara F8 ini hadir langsung dilokasi menjajakan hasil usahanya, orang menjadi lebih tahu dan kedepannya nyaman untuk memesan secara online. Ini positif,” tambahnya.

Ia menyatakan, khusus untuk kota Makassar kedepannya, sektor ekonomi kreatif akan menjadi salah satu sektor penopang pertumbuhan ekonomi daerah. Apalagi, pelaku usaha di bidang ini tidak terikat dengan ruang dan waktu.

“Selain bidang usaha formal, kedepannya ekonomi Makassar saya lihat akan banyak ditopang oleh industri kreatif, mulai dari seni, fashion hingga teknologi. Ruang untuk pelaku usaha kreatif berekspresi, yang sedang bertumbuh saat ini dan diisi oleh generasi millenial harus tetap dijaga, seperti event F8,” tutupnya.

Hadir membuka event Makassar F8, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Turut hadir Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Budi Arie, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi Sulsel dan kabupaten/kota se-Sulsel.(*)


BACA JUGA