Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan dan Hj Mussadiyah Rauf saat menghadiri Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (7/9/2022) lalu

TP PKK Gowa Diminta Jadi Mitra Daerah Wujudkan Pembangunan

Kamis, 08 September 2022 | 21:58 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) diminta semakin lebih matang menjadi mitra pemerintah dalam membantu pembangunan daerah menuju kesejahteraan masyarakat. Apalagi saat ini keberadaan PKK sebagai mitra pemerintah daerah telah berusia 50 tahun.

Hal ini diungkapkan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (07/09/2022) lalu.

Menurutnya, HKG PKK yang ke-50 tahun merupakan peringatan emas bagi PKK. Sebab usia 50 tahun itu menunjukkan usia kematangan, ibarat seorang manusia di usia tersebut menunjukkan tingkat kematangan seseorang.

“Kita harap organisasi PKK di usia yang ke-50 tahun ini juga semakin matang menjadi mitra pemerintah untuk memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Terutama dengan memberikan kontribusinya terhadap seluruh program-program pemerintah agar dapat berjalan dengan baik, lancar dan sesuai dengan harapan masyarakat.

Lanjutnya, pada Peringatan HKG PKK ke-50 tahun yang mengusung tema “Lima Puluh Tahun PKK, Berbakti Untuk Bangsa, Berbagi Untuk Sesamaā€¯ memiliki definisi yang sangat luas, bukan hanya bagi Indonesia tetapi berbakti untuk wilayah sendiri. Mulai dari kabupaten, kecamatan, desa, kelurahan, dusun, lingkungan, RT, dan RW yang juga dapat diartikan dengan berbakti kepada negara.

“Saya berharap, kolaborasi yang sudah terbangun dan sangat kuat yang kita perlihatkan antara pemerintah dan juga PKK marilah terus dijaga dengan baik bahkan ditingkatkan lagi di masa yang akan datang,” katanya.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan saat menyampaikan sambutan seragam Ketua Umum TP PKK mengatakan, sepanjang 50 tahun perjalanan Gerakan PKK, tentu banyak hal yang telah dilakukan.

Dinamika perjalanan Gerakan PKK selama ini, bisa menjadi bahan pembelajaran bagi semua pihak. Bahwa upaya memberdayakan keluarga dan masyarakat itu perlu dilakukan dengan pendekatan cipta rasa dan karsa, yakni dengan hati dan niat yang tulus.

“Gerakan PKK pada hakekatnya dilakukan dengan pendekatan partisipatif dan kerjasama. Selain itu, momentum Peringatan HKG PKK kali ini juga harus mampu kita didayagunakan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program,” katanya.

Selain itu, Priska mengatakan momentum Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 Tahun 2022 ini, menjadi titik tolak kita untuk memompa semangat pembaharuan kita dengan mengembangkan daya kreasi dan kreatifitas kita dalam pemberdayaan keluarga dalam arti luas.

Menurutnya, peringatan semacam ini bukan semata-mata merupakan kegiatan rutin tahunan saja, juga bukan merupakan kegiatan yang hanya sarat dengan acara seremonial sesaat saja, kemudian setelah itu tidak ada lagi gaungnya.

“Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK haruslah selalu menimbulkan gelora, membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah PKK karena Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja Pemerintah haruslah mampu menyelaraskan dengan kebijakan Program Pemerintah,” katanya.

Dikesempatan ini Bupati Gowa dan Ketua TP PKK Kabupaten Gowa memberikan piagam penghargaan sekaligus plakat kepada para pemenang lomba yang digelar TP PKK Kabupaten Gowa dan juga memberikan penghargaan Adhi Bakti Pratama PKK kepada 8 (delapan) orang Pengurus PKK Kabupaten Gowa.

Selain itu juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada TP PKK Desa Lempangang, Kecamatan Bajeng sebagai Juara Harapan I Lomba Kreatifitas Lansia Tangguh dan Terbaik 4 kepada Posyandu Melati, Desa Lempangang, Kecamatan Bajeng, Kategori Inovasi Kreatif Lomba Inovasi Posyandu Terintegrasi pada Peringatan HKG PKK ke-50 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Peringatan HKG PKK kali ini turut didukung pula oleh makeup by Crystallure, Instaperfect dan Wardah dari Wardah Beauty Makassar yang digunakan oleh para Pengurus TP PKK Kabupaten Gowa saat tampil membawakan tarian kreasi dan paduan suara.(*)


BACA JUGA