Disambut Rektor, Unibos Paling Banyak Terima Mahasiswa PMM-DN

Senin, 12 September 2022 | 18:47 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Universitas Bosowa (Unibos) menerima mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan 2 Dalam Negeri (DN) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Mereka berjumlah 94 mahasiswa, dari 49 Perguruan Tinggi (PT) negeri maupun swasta di Indonesia.

Jumlah itu ini menjadikan Unibos penerima mahasiswa PMM-DN terbanyak. Itu untuk di LLDIKTI wilayah IX.

Pelepasan dan penyambutan PMM-DN ini langsung oleh Rektor Unibos Prof Batara Surya di Ruang Rapat Senat Unibos lantai 9, Senin (12/09/2022).

Turut disaksikan Haeruddin Saleh selaku Vice Rector for Academic and Stundent Affairs dan Zulkifli Maulana M yang merupakan Vice Rector for Innovation and Community Development.

Sebagai informasi, PMM-DN merupakan program pertukaran mahasiswa dalam negeri antar pulau selama satu semester. Tujuannya, memberikan pengalaman kebhinekaan nusantara kepada mahasiswa, dan sistem alih kredit antar perguruan tinggi setara 20 Satuan Kredit Semester (SKS).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas dan solidaritas. Juga sebagai wadah untuk memperkuat kebangsaan antar mahassiwa melalui pembelajaran lintas budaya.

Unibos pada tahun ini menjadi salah satu perguruan tinggi dengan peminat terbanyak dalam program PPM-DN dalam lingkup Wilayah LLDIKTI IX. Sebab, memiliki program studi yang beragam.

“Memiliki program studi yang beragam dan pengalaman peserta PMM tahun sebelumnya memiliki kesan yang tidak bisa dilupakan, mungkin hal itu yang menjadi pemikat bagi peserta Inbound,” jelas Person in Charge (PIC) PMM-DN Unibos, Muhammad Aditya.

“Sebanyak 94 peserta MBKM yang bergabung dengan Unibos berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Peserta PMM tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan sebanyak 300 peserta yang mendaftar di portal Unibos dan hanya 94 peserta yang dinyatakan lulus,” tambahnya.

Ia pun berharap program PMM-DN ini dapat memaksimalkan fasilitas belajar yang diberikan Unibos. Juga dapat mempelajari budaya yang ada di Sulawesi selatan pada umumnya.

Selanjutnya Rektor Unibos, Prof Batara Surya dalam sambutannya memberikan pesan kepada mahasiswa untuk meraih kesuksesan harus berkarakter. Seperti punya kejujuran, kedisiplinan, komitmen, konsisten, kepercayaan diri dan ilmu pengetahuan yang matang.

“jika ingin sukses kalian harus memilki karakter Disiplin tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, komitmen selama 4 bulan belajar dan harus memperoleh hal baru yang akan menjadi pegangan ketika kembali ke kampus masing-masing, percaya diri, konsisten, jujur, dan memiliki ilmu pengetahuan yang matang,” tutur Prof Batara Surya.

Ia juga melepas 39 mahasiswa Outbound. Di mana sebelumnya berhasil lulus dalam program PMM-DN yang tersebar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Unibos akan memberikan pelayanan yang maksimal dan mengajak para peserta PMM-DN untuk belajar dengan berkeliling di berbagai kawasan wisata lokal yang ada di Sulsel. Tentu untuk dapat melihat keanekaragaman budaya agar pertukaran yang sementara ini dapat bermakna selamanya.(*)