Hidup sehat lewat olahraga/Ilustrasi

Wajib Tahu, Mulai Hidup Sehat Lewat 7 Tips Ini

Rabu, 14 September 2022 | 16:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

JAKARTA, GOSULSEL.COM — Mungkin bagi kebanyakan orang yang belum mengetahui, cara memulai hidup sehat cenderung sangat ribet. Apalagi dengan berbagai prosedur cukup banyak serta larangan-larangan yang harus dihindari.

Namun, jika Anda berhasil menerapkannya dengan baik. Penerapan cara memulai hidup sehat tidak hanya bermanfaat untuk melindungi diri dari berbagai serangan penyakit saja, melainkan pada kesehatan mental juga.

Cara memulai hidup sehat pada dasarnya bertujuan untuk mengurangi risiko buruk yang mungkin saja terjadi. Langkah lain yang bisa Anda ambil yaitu dengan memiliki asuransi, untuk cara pelajari polis asuransi bisa Anda lakukan di situs resmi Lifepal.co.id.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan cek premi asuransi Cigna proteksi sehat di sana. Sebab, Lifepal merupakan marketplace asuransi terpercaya dengan berbagai produk unggulan yang akan membantu Anda menemukan polis terbaik.

Inilah Penerapan Hidup Sehat yang Harus Anda Ikuti

Pasalnya dengan rutinitas monoton dan tidak teratur akan mempengaruhi banyak hal. Mulai dari jam tidur yang berantakan, pola makan salah, hingga menyebabkan stres berkepanjangan. Karena itu, sangat penting memulai dari sekarang penerapan hidup sehat.

Jika Anda ingin menerapkan cara memulai hidup sehat dengan benar. Pastikan untuk mengikuti beberapa tahapan berikut ini:

1. Kenali Kondisi Kesehatan Saat Ini

Pertama, Anda bisa memulai penerapan dengan mengenal kondisi kesehatan masing-masing. Lakukan pemeriksaan untuk mengecek riwayat kesehatan, alergi hingga penyakit kronis yang mungkin Anda derita.

2. Rutinitas Aktivitas Fisik

Berikutnya, untuk menerapkan cara memulai hidup sehat Anda bisa mulai mengetahui rutinitas aktivitas fisik harian yang dimiliki. Apakah Anda tipikal orang dengan dominasi kegiatan yang lebih banyak duduk dan mengetik komputer sepanjang hari? Jika ya, maka Anda termasuk dalam kategori kurang bergerak aktif.

Untuk memulai pola hidup yang lebih sehat, Anda bisa mengikuti arahan seorang pakar kesehatan, di mana anjuran olahraga harusnya Anda lakukan dengan durasi total minimal 150 menit setiap minggunya Tujuannya untuk mengencangkan otot dan membuat aliran darah lebih lancar.

3. Jika Dibutuhkan, Catat Makanan Apa Saja yang Anda Konsumsi

Penerapan hidup sehat tidak hanya diinginkan oleh seseorang yang ingin menghilangkan stress saja, melainkan juga pada seseorang dengan masalah berat badan. Jika Anda mengalami permasalahan tersebut, cara memulai hidup sehat dapat dilakukan dengan membiasakan untuk mencatat makanan yang dikonsumsi.

Tujuannya agar asupan yang masuk lebih terkontrol. Selain itu, cara ini juga sebagai pengingat bahwa Anda telah mengonsumsi makanan apa saja dan dalam jumlah berapa. Sehingga, Anda akan berpikir untuk menguranginya dan menjaga tubuh agar lebih sehat lagi.

4. Stop Kebiasaan Buruk

Untuk menerapkan cara memulai hidup sehat, Anda harus membiasakan untuk menghilangkan kebiasaan buruk. Misalnya, seperti merokok atau minum minuman beralkohol. Sebab, kebiasaan tersebut dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda.

Mulai dari penyakit jantung, paru-paru, kanker, hingga penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Apabila Anda merasa sulit untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Anda bisa memulainya dengan mengikuti psikoterapi agar kebiasaan buruk berkurang.

5. Penuhi Kebutuhan Cairan dan Makanan Sehat

Apakah Anda tipikal orang yang kurang menyukai sayur? Jika benar, maka mulai saat ini Anda bisa membiasakan konsumsi sayur dan buah sebagai salah satu cara memulai hidup sehat.

Anda bisa mengolahnya sesuai selera agar dapat Anda modifikasi dan diterima oleh lidah dan perut masing-masing. Selain itu, Anda juga wajib memenuhi kebutuhan cairan harian. Kisaran yang dibutuhkan yaitu mulai dari 6-8 gelas setiap harinya.

Hal ini sangat penting untuk Anda terapkan, sebab cairan tubuh memiliki fungsi untuk menjaga seluruh organ dan mencegah berbagai penyakit. Contohnya, dehidrasi dan juga konstipasi.

6. Kelola Stres

Pikiran yang penuh akibat pekerjaan atau beberapa hal lain sangat sulit untuk dihindari. Namun, sebaiknya Anda mulai belajar untuk mengelola dan meluangkan waktu agar lebih rileks. Baik dengan cara melakukan hobi atau bermeditasi.

Jika ketenangan jiwa Anda dapatkan, maka tingkat stres bisa dikurangi. Lakukan sesuatu yang menyenangkan dan mulai mensyukuri berbagai pencapaian yang telah Anda dapatkan.

7. Jangan Lupa Istirahat yang Cukup

Terakhir, Anda bisa memulai hidup sehat dengan beristirahat yang cukup. Sebab, istirahat yang cukup bisa membuat tubuh dan pikiran Anda lebih sehat.

Anda dapat melakukannya dengan tidur setidaknya selama 7-8 jam setiap harinya. Melakukan rutinitas harian yang positif juga akan membantu Anda mendapatkan istirahat cukup.

Misalnya, dengan membiasakan diri untuk mandi menggunakan air hangat. Mendengarkan musik atau melodi ringan ketika menjelang tidur agar pikiran lebih rileks.(*)