Di Hadapan Mahasiswa Unhas, Firman Pagarra Paparkan Pelayanan Digitalisasi Bapenda Makassar

Rabu, 28 September 2022 | 18:13 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, Firman Hanid Pagarra didapuk sebagai pemateri untuk mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Hasanuddin (Unhas). Bertempat di Balai Kota Makassar, Selasa (27/09/2022).

Dalam materinya Firman Pagarra memaparkan bagaimana aplikasi PAKINTA mampu menjawab beberapa tantangan. Terkhusus salam meningkatkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar.

“PAKINTA sebagai salah satu tools yang berbentuk aplikasi yang sudah terintegrasi dan terdigitalisasi akan memberikan beberapa kemudahan bagi masyarakat. Itu dalam membayarkan pajak daerahnya baik secara tepat waktu dan tepat jumlah,” ujar Firman Pagarra.

dan Kepala Dinas PM PTSP A. Zulkifly Nanda menjadi pemateri dihadapan mahasiswa S1 semester 3 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Hasanuddin bertempat di Ruangan Sipakalebbi Balaikota, Selasa 27 September 2022.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Makassar, Andi Zulkifly Nanda juga urut menjadi pemateri. Ia pun menjelaskan tentang tupoksi, alur penyelenggaraan perizinan dan beragam pelayanan perijinan yang ada.

“Selaku penyelenggara kemudahan berinvestasi dan perizinan terpadu, Dinas PM PTSP memudahkan masyarakat untuk mengurus izin-izin. Sebab, kami dilengkapi dengan tim teknis dari unsur-unsur SKPD pendukung. Sehingga izin dapat terbit dalam waktu yang cepat,” pungkas Zulkifly Nanda.

Sementara itu, Dosen Pendamping Kuliah Pelayanan Publik Fisipol Unhas, M Thahir Haning menyampaikan bahwa kedatangan mereka untuk menambah wawasan dan kompetensi dari mahasiswa. Itu tentang bagaimana praktek pelayanan publik di dua instansi yakni Bapenda dan DPM-PTSP Makassar.

“Untuk meningkatkan pengetahuan kepada mahasiswa sosial politik Unhas tentang bagaimana teori-teori administrasi publik yang berkaitan dengan unsur-unsur pelayanan publik di Kota Makassar. Hal inilah yang menjadikan dasar bagi kami untuk melaksanakan Kuliah Lapangan pada hari ini,” pungkasnya.

Acara ini turut menghadirkan sesi tanya jawab yang disambut dengan sangat antusias dari mahasiswa Fisipol Unhas. Kemudian ditutup dengan melakukan sesi foto bersama.(*)


BACA JUGA