Jadi Percontohan, Camat Panakkukang: Longwis Citra Karya Satu-satunya Miliki Wisata Alam

Senin, 03 Oktober 2022 | 18:29 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Lorong wisata (Longwis) citra karya yang berlokasi di BTN Citra Tello Permai, Kelurahan Tello Baru, Kecamatan Panakkukang menjadi salah satu percontohan bagi yang lain. Itu dilihat dari besarnya potensi yang digarap.

Di longwis citra karya, beberapa potensi yang kini sudah dikembangkan. Salah satu yang dianggap menjadi nilai jual adalah wisata sungai Tello.

pt-vale-indonesia

Camat Panakkukang, Andi Pangeran Akbar mengklaim longwis ini menjadi yang paling berbeda dari lorong. Sebab memiliki potensi wisata alam melalui Sungai Tallo.

“Keyakinan saya tidak yang seperti ini, cari maki. Hampir itu tidak ada. Karena kita punya kawasan alam yang masih terjaga dan bahkan sudah jadi objek,” katanya.

Lainnya, ada kebun yang ditanami berbagai macam tanaman pangan, seperti lombok dan pakcoy. Juga dihadirkan UMKM dan gazebo sebagai tempat berkegiatan dan istirahat masing-masing RT.

“Dan disini sudah ada koperasi. Jadi investor bisa menanamkan invest-nya disini ketika dia mau bekerjasama disini. Ada PLN, ada BNI, kita mau undang disini, semua yang mau invest,” jelasnya.

Agar potensinya lebih dimaksimalkan, ia pun mengajak seluruh SKPD terkait untuk bisa terlibat di longwis citra karya. Seperti Dinas Pariwisata melalui pengelolaan wisata sungai Tello.

“Jadi saya ajak semua dinas yang punya keterkaitan dengan lorong wisata untuk kembangkan programnya disini karena ini objek yang sangat baik,” jelasnya.

Terakhir, ia juga memastikan warga setempat di longwis ini tidak akan terkena dampak inflasi. Alasannya, perekonomian terus akan berputar seiring ketahanan pangan yang kuat.

“Masyakarat disini tidak akan terpengaruh lagi karena disini itu per RT ada area kebun yang dikelola oleh kelompok wirausaha RT dan setelah ada hasil itu akan dibagi ke warga,” tukasnya.(*)


BACA JUGA