Wabup Gowa: PMI Garda Terdepan Organisasi Kemanusiaan

Senin, 10 Oktober 2022 | 20:41 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Palang Merah Indonesia (PMI) menjadi organisasi sosial kemanusiaan yang kerap menjadi garda terdepan ketika terjadi permasalahan atau musibah.

Sebagai bentuk komitmen tersebut, Ketua PMI Kabupaten Gowa, Abd Rauf Malaganni melantik Ketua dan Pengurus PMI Kecamatan Manuju di Lapangan Desa Pattallikang Kecamatan Manuju dan Kecamatan Somba Opu di Gedung Wanita Sungguminasa, Senin (10/10/2022).

pt-vale-indonesia

Hal itu dilakukan kata Abd Rauf, agar keberadaan PMI bisa dirasakan oleh masyarakat hingga ke tingkat kecamatan.

“PMI adalah salah satu aset bangsa dan negara yang perlu dijaga dan dikelola dengan cara profesional, karena PMI memiliki 7 prinsip dasar diantaranya kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kemestaan, sehingga sangat penting PMI berada di seluruh daerah,” ungkap Wakil Bupati Gowa ini.

Pada kesempatan itu, dirinya menyampaikan PMI harus berada dalam garda terdepan dalam tugas kemanusiaan. Sehingga Abd Rauf berharap PMI menjadi ujung tombak dan contoh bagi PMI yang berada di seluruh kabupaten/ kota se-Sulsel.

“PMI berbicara suka dan rela karena tidak ada gaji. Mari kita bekerja untuk kemanusiaan dengan penuh keihklasan, dan ketulusan agar ketika ada masalah yang terjadi relawan dan pengurus PMI menjadi garda terdepan serta mampu berkolaborasi dengan masyarakat dan pemerintahan agar PMI dapat dirasakan keberadaannya dan ikut membantu pemerintah,” harapnya.

Sementara Ketua PMI Manuju, Muh Yunus mengaku dengan dilantiknya dirinya bersama pengurus lainnya akan membantu mengatasi permasalahan kemanusiaan ditingkat kecamatan.

“Insya Allah permasalahan kemanusiaan di tingkat kecamatan bisa teratasi, sehingga kami siap mengemban tugas sesuai dengan yang diamanatkan oleh pimpinan Palang Merah Indonesia,” jelasnya.

Pada pelantikan ini Ketua PMI Gowa turut didampingi Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf, Sekda Gowa selaku Dewan Kehormatan PMI Gowa, Camat Manuju, Marham, Camat Somba Opu, Agussalim, jajaran Pengurus PMI Kabupaten Gowa, Pengurus PMI Kecamatan Manuju dan Pengurus PMI Kecamatan Somba Opu.(*)


BACA JUGA