Dosen Unibos Bantu Pengembangan Wisata Pantai di Pinrang

Selasa, 11 Oktober 2022 | 18:45 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

PINRANG, GOSULSEL.COM – Sebagai salah bentuk pengabdian kepada masyarakat, Dosen Universitas Bosowa (Unibos), Chahyono, Natsir Tompo, dan Murshal Manaf lakukan pendampingan pengembangan pantai wisata. Kegiatan PPDM Pengembangan Pantai Wisata Berbasis Edukasi ini dilaksanakan di Desa Wiring Tasi Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang.

Lokasi kegiatan tepatnya di Lowita Black Orange dengan beberapa tujuan. Termasuk mengoptimalkan potensi kekayaan alam yang ada, menjadi kawasan daerah wisata pantai, meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. mengurangi tingkat penangguran dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Beberapa yang terlibat dalam kegiatan ini termasuk pengelola Pantai Wisata Lowita Beach Black Orange, Karang Taruna, Masyarakat setempat, dan pemerintah. Beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu pelatihan tata kelola destinasi pariwisata, pelatihan pemandu wisata, pelatihan kuliner, pelatihan usaha sablon, dan pelatihan kerajinan.

Dengan tujuan ini, Chahyon bersama tim berharap dapat memberikan berbagai manfaat untuk masyarakat. Yaitu, masyarakat mulai sadar tentang potensi yang dimilikinya, pantai wisata sebagai lahan yang bagus untuk merintis usaha dan pendapatan masyarakat meningkat.

“Kareba masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas pariwisata untuk menambah pendapatan, kesempatan kerja bertambah di sektor pariwisata, dan kualitas hidup masyarakat menjadi semakin bermanfaat,” ungkap Cahyono, Selasa (11/10/2022).

Selain itu kegiatan ini juga mendapat tanggapan baik dari pihak setempat. Seperti yang disampaikan Plt Kepala Desa Wiring Tasi, Akrab B.

“Saya sangat bersyukur dengan adaya pelatihan yang dilaksanakan di desa Wiring Tasi, khususnya bagi Karang Taruna yang ada di Wiring Tasi karena akan menjadi acuan kedepannya terkhusus bagi pemuda pemudi yang ada di desa Wiring Tasi dalam hal mendapat penghasilan sendiri. Harapan semoga kedepannya kegiatan ini tetap berkelanjutan karena kegiatan pengembangan semacam ini sangat di butuhkan di desa Wiring Tasi,” tuturnya.

Hal ini juga mendapat tanggapan dari pihak pantai. Andi Ruslan selaku Pemilik Pantai Black Orange mengatakan bahwa apa yang dilakukan Dosen Unibos sudah bisa membantunya agar mengelola wisata dengan baik.

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran Unibos untuk melakukan pelatihan pengembangan SDM di tempat wisata Black Orange, karena kegiatan ini kami sangat membutuhkan, karena kami masih kekurangan untuk pembinaan ini terutama dalam usaha kerajinan, tata kelola, cara menjemput tamu kalua masuk di tempat kami,” ucapnya.

“Harapan kami kedepan kiranya kegiatan pembinaan yang dilakukan dosen-dosen Unibos dapat terus berlanjut, karena khususnya para pemuda di sini pada dasarnya sudah kreatif hanya pembinaan masih agak kurang,” harap Andi Ruslan.(*)

Tags:

BACA JUGA