Puluhan Media di Sulsel Ikuti Kegiatan Pencegahan Stunting

Kamis, 20 Oktober 2022 | 21:31 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Puluhan media baik cetak maupun elektronik di Provinsi Sulawesi Selatan mengikuti kegiatan upaya pencegahan stunting.

Kegiatan diselenggarakan oleh Yayasan Jenewa Madani Indonesia bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel yang didukung oleh Unicef di Hotel Best Western Makassar, Kamis (20/10/2022).

Kepala Kantor UNICEF Perwakilan Sulawesi dan Maluku, Henky Widjaja, Ph.D dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang melibatkan media sudah sering dilaksanakan.

Sebab menurut dia, media memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat terkait isu pencegahan stunting.

“Prevelensi stunting di Indonesia masih cukup tinggi. Makanya dibutuhkan peran media dalam memberikan informasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Melalu kegiatan ini, dia berharap media khususnya di Sulawesi Selatan dapat mendukung upaya pencegahan stunting dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat melalui pemberitaan.

Hal senada disampaikan oleh TGUPP Provinsi Sulsel, dr. Djunaidi M Dachlan. Dia mengatakan bahwa, isu pencegahan stunting saat ini menjadi salah satu isu yang diprioritaskan oleh pemerintah.

“Prioritas pemerintah saat adalah stunting. Baik ditingkat nasional, provinsi, hingga ketingkat kabupaten/kota,” ujarnya.

Dia menyebutkan, di Sulsel sendiri persoalan stunting sudah mengalami kemajuan. Tahun ini misalnya, berdasarkan data yang ada, stunting mengalami penurunan dari 30 persen menjadi 27 persen.

“Dengan keterlibatan media, kemajuan ini bisa ditingkatkan sehingga kita bisa memastikan bahwa stunting bisa diselesaikan atau diturunkan,” tambahnya.

Untuk diketahui, kegiatan orientasi media ini berlangsung satu hari. Dalam pelaksanaannya, para peserta diberikan beberapa materi terkait isu pencegahan stunting.

Selain itu, peserta juga dibekali teknik-teknik dasar membuat liputan seputar isu stunting yang disampaikan oleh Nurdin Amir selaku salah satu wartawan senior di Sulawesi Selatan.(*)