Roadshow Digital Creative Entrepreneurs 2.0 di Makassar berlangsung di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu Sulsel, Kamis (20/10/2022)

Roadshow DCE ke-2, Telkomsel Persiapkan UMKM di Makassar Go Digital

Kamis, 20 Oktober 2022 | 17:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Telkomsel kembali meneruskan Roadshow Digital Creative Entrepreneurs (DCE) 2.0 atau ke-2. Kali ini memasuki lokasi keempat ialah Kota Makassar, Sulawesi Selatan setelah Batam, Batu, dan Bandung.

DCE 2.0 di Makassar berlangsung di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT-KUMKM) Sulsel, Kamis (20/10/2022). Sebanyak 50 UMKM dari berbagai jenis usaha ikut dalam acara yang bertemakan “Peningkatan Brand dan Digitalisasi Bisnis UMKM”.

pt-vale-indonesia

Vice President Area Account Management Telkomsel, Samuel Pasaribu menyampaikan DCE 2.0 lebih mendorong digitalisasi para UMKM. Pihaknya mendorong agar produk mereka dioptimalkan melalui platform digital.

“Kami akan fokus pada digitalisasi-nya karena kita adalah perusahaan yang berfokus ke digital,” ujar Samuel.

Agar lebih maksimal, Samuel menyampaikan Telmomsel lewat DCE juga akan meningkatkan kapasitas para UMKM. “Kapabilitas dan kompetensi, dan kreativitas itu ditingkatkan semua,” sambungnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Sukarniaty Kondolele menyambut gelaran DCE 2.0 ini. Pihaknya pun mendorong agar Telkomsel terus membantu pengembangan UMKM di Makassar.

“Saya menyambut baik dan berterima kasih karena seiring kebijakan pusat dan daerah yang mana harus membelanjakan APBD-nya 40 persen itu dengan produk lokal,” katanya.

Apalagi, kata dia, program ini sudah sejalan dengan upaya Pemprov Sulsel dalam hal pengembangan UMKM. Salah satunya dengan mendorong mereka untuk memasarkan produknya lewat digital.

“Tentu harus serba kekinian pasti korelasinya terhadap digitalisasi, juga untuk bergaya kekinian dan tentu menyentuh teknologi oleh Telkomsel,” lanjut Sukarniaty.

Pembicara, Ayu Indah selaku Content Creator Makassar Founder @makassarbeautygram dan inspirasi dari Best of The Best DCE 2021-UMKM Tangan Dia dari Gowa. Ia menegaskan pentingnya digital mindset untuk mendorong kemajuan dan akselerasi pertumbuhan UMKM.

Untuk mengikuti program DCE 2.0 ini, pelaku UMKM dapat mengunjungi media sosial instagram @dce_id atau situs www.dce.co.id untuk kemudian mendaftarkan data diri beserta profil bisnis secara lengkap. Adapun persyaratan yang dibutuhkan antara lain adalah warga negara Indonesia (WNI), memiliki bisnis, bukan reseller atau dropshipper maupun sejenisnya dan termasuk ke dalam 4 kategori industri di bidang kriya, busana, makanan dan minuman, serta kategori perawatan pribadi.

Dalam pelaksanaannya DCE 2.0 akan memberikan beberapa tahapan di mana peserta akan mendapatkan kurikulum yang menitikberatkan pada pengembangan digital aset. Seperti sosial media optimizing, visual konten foto video product, copywriting untuk konten di digital, SEO optimization, dan juga E-commerce optimization.

Program DCE 2.0 juga membuka peluang melalui pemanfaatan ekosistem aset dan infrastruktur Telkomsel, seperti platform 99% Usahaku untuk menunjang pertumbuhan bisnis dan manajemen keuangan, MyAdssebagai solusi periklanan dan promosi digital UMKM, Kuncie yang dapat mengembangkan keahlian bisnis melalui edukasi digital, MAXstream sebagai online venue untuk menghelat aktivitas, Kantor Telkomsel Area sebagai penghimpun UMKM calon peserta potensial serta Telkomsel Orbit solusi internet rumah serba digital.

Kemudian pada akhir program, DCE 2.0 akan menghadirkan sebuah pameran virtual. Sekaligus diadakan secara offline untuk mengangkat para UMKM binaan dan produk-produk unggulan mereka.(*)