Kepala Bapenda Makassar, Firman Hamid Pagarra

Bapenda Makassar Ingatkan Camat-Lurah Terus Maksimalkan Pajak

Kamis, 27 Oktober 2022 | 17:53 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar terus mengingatkan Camat dan Lurah untuk terus memaksimalkan pendapatan melalui pajak. Hal itu seiring sebagian dari mereka yang berhasil menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sebanyak 63 Lurah dan 3 Camat diketahui telah melakukan kunjungan di Kuta, Bali, pada 26-28 Oktober. Terkhusus untuk mereka, Kepala Bapenda Makassar, Firman Hamid Pagarra meminta mereka tetap konsisten dalam memaksimalkan pendapatan pajak.

“Sengaja kami mengajak sejumlah Lurah dan Camat berprestasi dalam kunker ini, agar mereka bisa lebih memahami upaya-upaya serta strategi bagaimana terus mendorong dan menyadarkan warga di wilayahnya masing-masing untuk membayar pajak,” kata Firman, Kamis (27/10/2022).

Kesadaran masyarakat terhadap pembayaran pajak dianggap penting untuk digalakkan. “Kami mengapresiasi sebanyak 63 lurah dan tiga camat yang memaksimalkan mendorong warganya untuk sadar membayar pajak. Sehingga, membantu memaksimalkan pendapatan daerah,” tambahnya.

Firman menjelaskan, sejauh ini, pajak yang berhasil ditarik mampu naik sebesar 85-100 persen. Terkhusus Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Hingga Oktober 2022, Bapenda Makassar mencatat realisasi PAD mencapai Rp950 miliar. Atau 70 persen dari target pajak senilai Rp1,3 triliun.

Angka tersebut sudah melewati realisasi PAD Makassar pada 2021 yang mencapai Rp920 miliar. Sementara sektor-sektor yang menjadi penyumbang pajak terbesar di antaranya PBB, bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), pajak restoran, pajak hotel serta pajak reklame yang kontribusinya lumayan besar bagi PAD Makassar.(*)


BACA JUGA