Pemkab Gowa Kaji Permasalahan Kemacetan Hingga Pengembangan Koperasi dan UMKM

Senin, 31 Oktober 2022 | 20:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Badan Penelitian dan Pengkajian sedang mengkaji terkait pengkajian bidang perhubungan dan kajian pengembangan koperasi dan UMKM.

Saat ini pengkajian tersebut memasuki tahapan diseminasi hasil kajian. Salah satunya pada bidang perhubungan mengenai permasalahan kemacetan di beberapa ruas jalan yang ada.

pt-vale-indonesia

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina mengatakan, diseminasi merupakan tahapan terakhir dalam proses perimbangan.

Diseminasi dilaksanakan agar para pemangku kepentingan dapat memanfaatkan hasil perimbangan tersebut kedalam bentuk kebijakan-kebijakan yang telah direkomendasikan dari penelitian atau pengkajian.

“Tahun ini, Balitbangda melakukan dua penelitian atau pengkajian, yaitu pengkajian bidang Perhubungan dan kajian Pengembangan Koperasi dan UMKM. Sehingga SKPD terkait yang memiliki kepentingan dengan kedua penelitian atau pengkajian dapat memanfaatkan dengan maksimal dokumen tersebut,” jelasnya saat hadir membuka Deseminasi Hasil Kajian Perhubungan, di Dewi Sri Resto and Fishing, Senin (31/10/2022).

Lebih lanjut, Sekda Gowa menjelaskan bahwa dokumen yang telah disusun menghasilkan rekomendasi sebagai pijakan dalam penentuan atau perencanaan kebijakan kedepannya.

Selain itu, rekomendasi ini juga bisa menjadi landasan yang kuat bagi SKPD dalam memperkuat kinerja kedepan.

“Semoga dokumen ini dapat membantu Pemerintah Kabupaten Gowa dalam pencapaian RPJMD dan RKPD sehingga kinerja Kabupaten Gowa bisa dicapai sesuai target yang diharapkan,” ungkapnya.

Dirinyapun berharap peserta yang hadir di tempat ini mampu mengikuti kegiatan dengan baik sehingga dengan adanya kajian ini Kabupaten Gowa lebih teratur dan rapi khususnya di Dinas Perhubungan.

“Mudah-mudahan peserta yang hadir bisa memperhatikan penertiban yang ada di Kabupaten Gowa,” harap Sekda Gowa.

Sementara, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Gowa, Salam menjelaskan tujuan pengkajian di bidang perhubungan adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kemacetan dan solusi-solusi mengatasi kemacetan di ruas jalan Kabupaten Gowa.

Pasalnya saat ini dengan pesatnya pertumbuhan penduduk serta pesatnya arus distribusi barang dan jasa, sehingga arus lalu lintas jalan di Kabupaten Gowa menjadi padat.

“Ketimpangan inilah serta kemacetan yang semakin meningkat setiap harinya sehingga kami melakukan pengkajian dan penelitian di bidang perhubungan melalui metode-metode ilmiah dan dapat dipertanggung jawabkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Salam mengatakan penelitian atau pengkajian ini juga menitikberatkan kepada urgensi koordinasi antar instansi dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa yang bersinggungan langsung dengan kebijakan perhubungan maupun antar instansi terkait agar tidak ada kewenangan yang saling mendahului dan mengedepankan ego sektoral.

“Hasil penelitian ini diharapkan pemerintah daerah dalam hal ini dinas perhubungan untuk dapat mengambil kebijakan terutama dalam mengatasi permasalahan kemacetan di Kabupaten Gowa,” ujarnya.(*)