Bupati Gowa Instruksikan Camat Cek Harga Bahan Pokok di Pasar Tradisional

Selasa, 01 November 2022 | 22:34 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menginstruksikan seluruh camat untuk melakukan operasi pasar di wilayah masing-masing. Operasi pasar ini untuk mengecek harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar-pasar yang ada di Kabupaten Gowa.

“Saya minta kepada seluruh camat, mulai Rabu (besok pagi) hingga Kamis agar seluruh camat mengambil sampel dan melakukan pengecekan data di pasar masing-masing,” kata Adnan saat memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi secara virtual bersama camat, Selasa (01/11/2022).

Orang nomor satu di Gowa ini menjelaskan bahwa pengecekan harga komoditas khususnya kebutuhan bahan pokok untuk mencocokan dengan data yang disampaikan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Adnan mengungkapkan, berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi yang dilaksanakan pada Senin (31/10/2022) lalu, Kabupaten Gowa masuk sebagai salah satu daerah dengan tingkat kenaikan harga tertinggi di Indonesia.

“Kita ingin melihat apakah data yang disampaikan oleh Kemendagri itu sudah sesuai dengan kondisi real yang terjadi di wilayah Kabupaten Gowa,” ungkapnya.

Dirinya menyebutkan bahwa dari data Kemendagri, ada tiga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan cukup tinggi. Antara lain beras, minyak goreng dan gula pasir. Dalam melakukan pemantauan, dirinya akan melibatkan Tripika yakni polsek dan koramil.

“Cek harga komoditi khususnya beras, gula pasir dan juga minyak goreng maupun minyak curah. Disamping itu, mengecek juga harga-harga komoditas yang lain apakah ada mengalami kenaikan atau tidak,” ujarnya.

Olehnya itu, Adnan berharap camat bersama tripika untuk betul-betul mendata harga komoditas yang ada di pasar-pasar. Data ini akan menjadi laporan Pemerintah Kabupaten Gowa kepada Kementerian Dalam Negeri.

“Kamis siang sudah buat laporan dan saya minta Kamis sore itu sudah harus dikasih ke bagian ekonomi. Sebab, hari Jumat saya mau bikin laporan berkaitan dengan data, laporan terkini sebagai perbaikan data yang disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri pada saat Rapat Pengendalian Inflasi Nasional kemarin,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Pattallassang Baharuddin mengatakan, apa yang menjadi arahan Bupati Gowa akan segera ditindaklanjuti. Rencananya pun Rabu (2/10/2022) besok hingga Kamis mendalam, pemerintah kecamatan bersama Tripika Pattallassang akan turun mengecek langsung harga kebutuhan pokok yang ada di pasar.

Dirinya berharap, harga-harga kebutuhan pokok yang ada di pasar-pasar Kabupaten Gowa tetap normal terutama di Kecamatan Pattallassang, sehingga bisa terjangkau oleh masyarakat.

“Karena di Kecamatan Pattallassang hanya satu pasar, makanya kita akan fokuskan di situ, yaitu Pasar Bu’rung-Bu’rung. Tapi kita juga akan mengecek pengecer-pengecer yang ada di sekitar pasar,” ungkapnya.

Sebelum melakukan rapat bersama para Camat, Bupati Adnan didampingi Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni juga memimpin rapat koordinasi bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Gowa.(*)


BACA JUGA