Politeknik Bosowa Wisuda 84 Lulusan D3, Ini Rinciannya

Kamis, 03 November 2022 | 11:39 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sebanyak 84 lulusan Diploma Tiga (D3) Bosowa (Poltekbos) resmi diwisuda. Pengukuhan melalui rapat senat terbuka ini berlangsung di Gedung Lestari 45, Kamis (03/11/2022).

Adapun rincian masing-masing lulusan di setiap prodi, seperti Perawatan dan Perbaikan Mesin sebanyak 13, Teknik Mekatronika berjumlah 11, Teknik Listrik sebanyak 16, dan Perpajakan dengan jumlah 34. Serta Perhotelan sebanyak 8.

Direktur Poltekbos, Alang Sunding menyampaikan bahwa seluruh wisudawan yang diwisuda telah menempuh pendidikan selama tiga tahun. Rata-rata mereka mendapat IPK 3.00.

“Pertama-tama jumlah wisudawan hari ini adalah 84 orang dengan IPK tertinggi adalah 3.93 dan IPK terendah adalah 3.00,” ucap Alang Sunding.

Selain IPK, kata Alang Sunding, Poltekbos menerapkan sistem penilaian Nilai Kelakuan Kumulatif (NKK). Sistem ini merupakan salah satu indikator keberhasilan kita semua membentuk kepribadian mahasiswa.

“NKK tertinggi tahun ini adalah 24 dari skala 24 dan terendah adalah 15,” ujar Alang Sunding.

Di sisi lain, Alang Sunding juga mengatakan bahwa Poltekbos saat ini terus berkembang. Baik dari segi prestasi maupun program.

“Selama setahun terakhir, kami dipercayakan sebagai penerima hibah PPPTV-PTS, Praktisi Mengajar, Pendamping SMK PK yang ditunjuk oleh Kementerian sebagai Perguruan Tinggi pusat keunggulan mendampingi Sekolah Menengah Kejuruan di Poso, Takalar, Makale, Makassar, Manado, Tomohon, Soppeng, Banteng, Kendari, Sorong, Karossa, Maluku dan Manokwari,” bebernya.

Dalam kesempatan ini, Alang Sunding juga menyampaikan jika Poltekbos juga meraih peringkat ke 20. Itu untuk Politeknik Terbaik di Indonesia versi Webometrics 2022.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan wisudawan Polikteknik Bosowa beberapa telah diterima bekerja di perusahan mitra Politeknik Bosowa dengan persentase Teknik Mekatronika 23 persen Teknik Listrik 6 persen, Perpajakan 26 persen, Perhotelan 50 persen serta menjadi Parallel Presenter di Konferensi Internasional.

“Wisudawan-wisudawati dibimbing langsung oleh dosen-dosen berkualitas yang kemampuannya telah diakui secara Nasional dan Internasional dengan capaian beberapa dosen menjadi Reviewer Nasional bidang Pengembangan Kreativitas Mahasiswa, Praktisi Mengajar dosen serta Asesor Nasional BAN SM,” jelasnya.

Atas capain dan keberhasilan seluruh wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikannya, tak lupa Alang Sunding mengucapkan selamat dan kesuksesan atas raihan tersebut.

“Dan diharapkan mahasiswa siap bekerja, siap berwirausaha dan siap melanjutkan pendidikan,” pungkas Alang Sunding.

Sementara itu, terakhir, Managing Director Bosowa Education, Asrul Hidayat mengatakan bahwa dosen Politekbos sejauh ini memang terus membimbing setiap saat mahasiswa. Sehingga, mereka pun bisa diwisuda dan menjadi SDM berkompeten.

“Mungkin selama pendidikan tiga tahun karena saya tahu persis bapak ibu menjadi dosen itu luar biasa bimbingannya. Bahkan tidak lepas sendiri mahasiswanya, selalu didampingi,” ucapnya.

Asrul juga berpesan kepada wisudawan untuk tidak berjumawa. Ia meminta mereka untuk terus berkembang.

“Apa yang diajarkan di kampus tiga tahun itu tidaklah cukup dan bagaimana bisa menjadi orang yang mampu bisa mengajar, bisa mengambil perubahan dan segala perubahan. Sehingga apa yang menjadi target atau kesusksesan itu bisa dicapai,” tukasnya.

Dalam wisuda kali ini terpilih 5 wisudawan terbaik dari setiap prodi yakni;

Prodi Perawatan dan Perbaikan Mesin, Arwaiz Qarni Nilai IPK 3,71
ProdiTeknik Mekatronika, M.Ridwan Nilai IPK 3,57
ProdiTeknik Listrik, Hartini An Nuur Muhammad Nilai IPK 3,92
Prodi Perpajakan, Muflihatul Azizah Nilai IPK 3,93
Prodi Perhotelan, Aliyah Mardina Nilai IPK 3,76. (*)


BACA JUGA