Adnan Sebut Relawan Sibat PMI Gowa Akan Mampu Penuhi Kebutuhan Darah

Rabu, 09 November 2022 | 21:56 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan menyambut baik relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) yang akan dibentuk oleh PMI Kabupaten Gowa.

Dirinya menyebutkan keberadaan relawan ini akan sangat membantu Program PMI khususnya dalam ketersediaan darah terutama di Kabupaten Gowa. Olehnya itu, Adnan meminta agar relawan Sibat ini dirutinkan untuk melakukan donor darah.

pt-vale-indonesia

“Saya minta relawan yang akan dilantik ini rutin setiap dua bulan setengah melakukan donor darah, sehingga stok darah tidak pernah kosong dan itu akan membantu masyarakat kita yang membutuhkan darah,” ujar Adnan saar membuka Rapat Kerja PMI Kabupaten Gowa Tahun 2022 di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (09/11/2022).

Adnan juga meminta Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf agar Unit Transfusi Darah (UTD) Kabupaten Gowa dapat difungsikan. Nantinya UTD ini bekerjasama dengan PMI Kabupaten Gowa rutin melaksanakan donor darah.

“Jadi saya minta Direktur Rumah Sakit bersama Ketua PMI Kabupaten Gowa bekerjasama untuk pengelolaan UTD ini, supaya stok darah kita bisa terjaga dengan baik,” harapnya.

Dirinya juga menyebutkan beberapa manfaat yang diperoleh dari donor-donor darah yaitu dapat membantu dan menolong orang lain, baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal. Kemudian darah yang didonorkan kepada orang lain tentu ini akan bernilai pahala di sisi Allah SWT.

“Manfaat lain adalah orang yang rutin donor darah Insya Allah akan memiliki tubuh yang sehat. Karena 300 cc darah yang diambil dalam tubuh kita akan digantikan dengan sel-sel darah baru,” tambahnya.

Raker ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa Selaku Dewan Kehormatan PMI Kabupaten Gowa, Kamsina, jajaran Pengurus PMI Kabupaten Gowa, Para Pimpinan SKPD, Camat dan seluruh Pengurus PMI Kecamatan Se-Kabupaten Gowa.(*)


BACA JUGA