Ikuti Museum Tours, Siswa SMA Bosowa School Diajak Belajar Sejarah Makassar

Senin, 14 November 2022 | 17:25 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Siswa kelas XI SMA Bosowa School Makassar mengikuti museum tour pada Senin (14/11/2022). Lewat kegiatan ini, mereka diberikan pemaknaan mendalam terkait sejarah kota Makassar.

Kegiatan diawali dengan mengadakan kunjungan ke Museum Kota Makassar. Di sana, mereka mempelajari dan melihat secara langsung peninggalan atau warisan masa kolonialisme Belanda.

Guru sejarah, Laessach menjelaskan bahwa fieldtrip ini bertujuan memaksimalkan materi yang telah siswa pelajari dalam proses pembelajaran di dalam kelas. “Jadi materi yang merekam dapatkan itu tentang “Masuk dan Berkembangnya Kolonialisme dan Imprealisme Bangsa Barat di Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini dapat menambah pengalaman belajar siswa di lapangan. Sehingga, membuat siswa mudah untuk memahami bagaimana jati diri bangsa di masa lalu.

“Terkhusus masyarakat Sulawesi Selatan ketika berada dibawah dominasi kolonialisme Belanda,” kata Laessach.

Selanjutnya siswa melanjutkan tur mengunjungi Benteng Fort Rotterdam. Di sana, terdapat Museum Lagaligo.

Siswa pun belajar perihal sejarah perang Makassar, dan dinamika pemerintahan Kota Makassar. Serta Interaksi masyarakat dengan bangsa-bangsa dari berbagai belahan dunia.(*)