Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto memimpin rapat koordinasi di Ruang Rapat Sipakatau Balai Kota Makassar, Selasa (18/10/2022)/Ist

Hujan Lebat, Wali Kota Makassar Perintahkan Seluruh Pejabat Pemkot Siaga Banjir

Jumat, 18 November 2022 | 17:24 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto memerintah seluruh pejabat lingkup Pemkot untuk bersiaga. Hujan terus menerus menyebabkan banjir di beberapa wilayah, Jumat (18/11/2022).

Ada 10 poin instruksi dari Danny untuk penanganan genangan air dan banjir pasca hujan terus mengguyur. Pertama, memerintahkan Camat dan Lurah untuk tetap berada di lapangan bersama masyakarat.

“Terutama yang membutuhkan evaluasi dan segera membuat laporan update setiap jam,” ujarnya.

Kedua, seluruh OPD diminta menurunkan seluruh personil untuk turut membantu masyakarat. Termasuk menyediakan peralatan dan kendaraam yang dibutuhkan selama penanganan.

“Ketiga, Sekretaris Badan dan Dinas serta Sekretaris Camat hingga Lurah untuk segera mempersiapkan penyaluran logistik dan konsumsi kesemua tempat pengungsian dan rumah rumah terdampak,” tambahnya.

Keempat, kata Danny, adalah menginstruksikan 3 Asisten Pemkot Makassar untuk membagikan konsumsi setiap OPD. Adapun dengan menyiapkan makanan siap saji.

“Kelima setiap staf ahli untuk segera memonitoring kondisi kesehatan warga terdampak disemua tempat pengunsian dan rumah rumah terdampak bersama tim kesehatan,” tambahnya.

Adapun poin lainnya adalah sebagai berikut:

– Khusus BPBD, pemadam kebakaran, satpol pp dan dinas perhubungan untuk segera menurunkan kekuatan penuh untuk membantu proses evakuasi hingga pengungsian

-RT/RW untuk segera memonitoring semua warganya dan melaporkan kelurah tentang kondisi warga setiap jam

-Kepada semua warga di harapkan terus menjaga dan mengawasi semua anak anak dibawah umur, orang tua, orang sakit, hindari jaringan listrik& hindari drainase dan sebaiknya berada di rumah jika rumah dalam kondisi aman dari banjir akan tetapi jika tidak aman dati banjir diharapkan segera dievakuasi untuk diungsikan

-Kepada PDAM dan PMK segera mempersiapkan supplai air bersih ke semua tempat pengunsian

-Semua BUMD membantu menurut kemampuannya masing masing

-Sekda memimpin semua operasi penyelamatan dan penanganan dampak banjir. (*)


BACA JUGA