Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Taufiq Mursad membuka secara resmi kegiatan pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) jalur mandiri untuk Kabupaten Gowa di Aula SMKN 2 Gowa, Selasa (22/11/2022)

Kadisdik Gowa Buka Pendampingan IKM Jalur Mandiri

Selasa, 22 November 2022 | 21:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Taufiq Mursad membuka secara resmi kegiatan pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) jalur mandiri untuk Kabupaten Gowa di Aula SMKN 2 Gowa, Selasa (22/11/2022). Kegiatan pendampingan implementasi kurikulum merdeka jalur mandiri ini diikuti oleh guru dari jenjang PAUD 5 peserta, PKBM 8 peserta, dan SD 17 peserta.

Perlu diketahui, pada tahun 2022 ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan IKM secara mandiri untuk satuan pendidikan non-sekolah penggerak. Untuk mengoptimalkan Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Sulawesi Selatan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa melaksanakan pendampingan IKM jalur mandiri tersebut.

Dalam sambutannya, ia mengapresiasi upaya para guru untuk menjadi bagian dari guru penggerak di dalam kurikulum merdeka.

“Penggerak itu ya bukan seluruhnya tetapi dia menjadi lokomotif. Nah kalau ada lagi yang lebih hebat dari lokomotif itu maka inilah calon-calonnya. Biasanya orang dikasi tugas, Anda ditugasi menjadi penggerak tapi sekarang bapak ibu malah mau untuk menjadi penggerak secara mandiri. Nah ini kekuatan yang sebenarnya jauh lebih luar biasa. Jadi perlu kita apresiasi bapak ibu sekalian yang merupakan calon-calon penggerak di dalam kurikulum merdeka,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang peserta kegiatan pendampingan, St. Hasriany Saham yang merupakan guru SDI Bertingkat Gowa menyampaikan bahwa dengan mengikuti kegiatan tersebut, ia dan guru-guru lainnya diberi pendampingan dalam menggunakan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

“Materi yang diberikan itu luar biasa karena memberikan materi kurikulum merdeka mengajar yang implementasinya kepada PMM, yang mana banyak guru yang belum mendownload dan hari ini kami diberikan alur cara mendownload dengan baik kemudian mengikuti semua kegiatan-kegiatan PMM yang ada di kementerian. Insya Allah kami akan mengimplementasikan, baik di sekolah dan guru-guru kami,” tukasnya.(*)


BACA JUGA