Menteri Pertanian Menerima Penghargaan dalam Anugerah Meritrokrasi Tahun 2022

Kamis, 08 Desember 2022 | 13:47 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

JAKARTA, GOSULSEL.COM – Kementerian Pertanian berhasil meraih penghargaan kategori Baik dalam Acara Anugerah Meritrokasi Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN yang digelar oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada Kamis (08/12/2022).

Anugerah Meritokrasi merupakan acara penghargaan yang digelar untuk memberikan apresiasi atas prestasi Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah yang telah berhasil menerapkan sistem merit dalam manajemen ASN.

pt-vale-indonesia

“Alhamdulillah, kita bersyukur karena ini kegiatan pengukuran yang penting bagi upaya memperbaiki kinerja ASN kita. Oleh karena itu, penguatan kebijakan dan kelembagaan manajemen ASN berbasis sistem merit ini menjadi sangat penting mendorong kinerja kita bersama,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas, dalam sambutannya.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, ada 4 upaya yang bisa dilakukan untuk menguatkan implementasi manajemen ASN, salah satunya adalah Peningkatan Sistem Merit ASN.

Sistem Merit merupakan kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa SARA, jenis kelamin, status pernikahan, umur, atau kondisi kecacatan. Penerapan Sistem Merit ASN yang mendukung perkembangan Reformasi Birokrasi diharapkan dapat mewujudkan ASN profesional yang berkelas dunia.

“SDM unggul dan sistem meritokrasi ini menjadi kunci sukses untuk perubahan organisasi,” lanjutnya lagi.

“Mudah-mudahan instansi yang mendapatkan penghargaan akan menularkan kepada Pemda atau instansi atau lembaga yang penilainya masih buruk dan masih belum baik. Harapan kita ke depannya core value baru akan menjadi bagian dari upaya kita untuk terus memperbaiki pelayanan publik yaitu core value BerAKHLAK dan Bangga Melayani Bangsa,” tutup Menteri PANRB.(*)