Progres 93 Persen, Pembangunan Makassar New Port Rampung Tahun 2023

Kamis, 22 Desember 2022 | 14:58 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pembangunan proyek Makassar New Port (MNP) sudah hampir rampung. Hingga 20 Desember, progres fisik kini mencapai 93,32 persen.

“Seperti kita ketahui bersama, MNP Tahap I A telah beroperasi sejak November 2018 dan saat ini masuk pada pembangunan Tahap I B dan I C yaitu konstruksi,” ungkap Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis, Rabu (21/12/2022).

pt-vale-indonesia

Ada beberapa pekerjaan yang dilakukan dalam pembangunan MNP Tahap I B dan I C. Diantaranya, pemasangan pondasi perkerasan, pemasangan paving block, pekerjaan balok RTGC, rehandling dan pengerukan kolam putar, pekerjaan revetment, serta pekerjaan drainase.

Pelindo Regional 4, tambah Enriany, optimis pembangunan MNP bisa rampung sesuai rencana. “Semoga dapat terselesaikan sesuai dengan target yang ditetapkan, yaitu pada 2023 mendatang,” tutup Enriany.

Untuk diketahui, proyek strategis nasional (PSN) Makassar New Port ini ditarget sudah bisa beroperasi tepatnya pada Juni 2023 nanti. Proyek yang menelan investasi Rp705 miliar ini juga akan menghubungkan MNP dengan bandara.

MNP dibangun sepanjang 3,2 kilometer. Tahap I akan menghubungkan tol MNP ke jaringan tol eksisting dan tahap II menghubungkan MNP ke bandara.

Proyek tol MNP ini dibangun PT Bintaro Serpong Damai (BSD), entitas usaha di bawah Nusantara Infrastruckture (NI). Untuk pembebasan lahannya didanai pihak Pelindo. (*)


BACA JUGA