Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto/Ist

Cuaca Ekstrem, Wali Kota Makassar Instruksikan SKPD Pemkot Siaga Bencana

Jumat, 23 Desember 2022 | 13:59 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menginstruksikan kepada seluruh SKPD lingkup Pemkot untuk siaga bencana. Mengingat cuaca ekstrem melanda saat ini pada Jumat (23/12/2022).

Dari pengamatannya, ia memprediksi curah hujan dengan intensitas tinggi akan terus berlanjut hingga malam hari. Hal itu dipengaruhi oleh air pasang yang tinggi.

pt-vale-indonesia

“Terus siaga karena puncak pasang tertinggi jam 18.00 – 20.00 WITA,” ujar Danny.

Melihat kondisi ini, kata dia, bencana banjir berpotensi terjadi. Olehnya, ia meminta agar seluruh SKPD Pemkot Makassar untuk tetap bersiaga.

“Siaga banjir karena tepat di waktu pasang tertinggi terjadi hujan lebat melanda kota makassar, semua SKPD dan semua perangkat terkait segera bersiaga, dan selalu berdoa agar musibah ini tidak terjadi,” ujar Danny.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk turut waspada. “Waspada semua pesisir pantai, sungai, kanal, terlebih lagi jika curah hujan meninggi,” tutup Danny.

Untuk diketahui, BMKG Wilayah IV Makassar sebelumnya telah mengeluarkan peringatan dini adanya cuaca buruk di sejumlah wilayah mulai 23 sampai 25 Desember 2022. Termasuk Kota Makassar

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir (ROB) untuk beberapa wilayah di Sulsel. Diantaranya, pesisir Kabupaten Pinrang, Parepare, Barru, Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Maros, Makassar, dan Takalar. (*)


BACA JUGA