FOTO: Suasana diskusi publik Survei Kepuasan Kinerja DPRD Makassar/Senin, 26 Desember 2022/Agung/Gosulsel.com

Buka Diskusi Publik Kepuasan Kinerja Anggota DPRD, RL: Harus Disampaikan ke Masyarakat

Senin, 26 Desember 2022 | 13:51 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar menggelar sosialisasi publik dengan tema Survey Kepuasan Kinerja Anggota DPRD Kota Makassar.

Kegiatan ini berlangsung di di Sandeq Ballroom Hotel Claro Makassar Jl AP Pettarani, Senin (24/12/2022).

pt-vale-indonesia

Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo membuka langsung kegiatan tersebut. Turut hadir anggota DPRD Makassar, beberapa SKPD lingkup Pemerintah Kota Makassar.

Dalam sambutannya, RL mengatakan kerja-kerja wakil rakyat harus disampaikan ke publik. Menurut dia penting bagi masyarakat untuk mengetahui kualitas anggota DPRD yang mewakilinya di legislatif.

“DPRD Makassar ini sudah mirip-mirip dengan DPR RI. DPR RI melakukan sosialisasi undang-undang menteri, sementara DPRD mensosialisasikan peraturan daerah (perda),” kata legislator Partai NasDem ini.

Tidak hanya itu, dia menjelaskan lebih jauh bahwa di DPRD Makassar konsultasi publik adalah tahapan dalam merancang Perda. Dijelaskan RL, Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) tidak akan lanjut ke pembahasan sebelum dilakukan konsultasi publik.

“Malah perda itu sebelum kita buat ada namanya kegiatan konsultasi publik, sebelum ranperda dibahas ditingkat dua oleh pansus, itu dibuat dulu konsultasi publik sejauh mana pentingnya ranperda yang akan kita bahas,” kata Rudianto Lallo.

Begitu juga terkait sosialisasi Perda, setelah disahkan, tugas anggota DPRD ialah menyebarluaskan kepada masyarakat.

Berikutnya terkait fungsi pengawasan, ada kegiatan kunjungan ke daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

“Bukan reses. Kunjungan dapil itu turun juga ke masyarakat sejauh mana progres perencanaan pembangunan yang sudah kita dapatkan, apakah sudah dilaksanakan oleh eksekutif atau tidak,” jelasnya.(*)


BACA JUGA