Gerak Cepat Saat Tsunami Aceh, Menkes Beri Penghargaan ke Mentan SYL

Senin, 26 Desember 2022 | 11:21 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

JAKARTA, GOSULSEL.COM — Menteri Kesehatan, Budi G. Sadikin memberikan penghargaan kepada Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) atas langkah cepat dan komitmennya melakukan upaya kemanusiaan dalam respon darurat bencana gempa dan tsunami Aceh tahun 2004. Penghargaan tersebut diberikan di Jakarta (25/12/2022).

SYL yang kala itu menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, langsung bergegas berangkat ke Aceh sebagai relawan kesehatan setelah musibah Tsunami melanda provinsi tersebut, Minggu 26 Desember 2004.

Saat mendengar musibah yang menelan korban ratusan ribu nyawa tersebut, SYL pun turut berduka cita yang amat mendalam. Ia bersama Gubernur Sulsel, Amin Syam segera menggelar rapat. Pemerintah Sulsel kala itu berkomitmen memberikan bantuan rumah jenis knockdown untuk korban gempa bumi dan tsunami Aceh. SYL beserta rombongan segera berangkat ke Aceh, dan mendarat dengan selamat di Bandara Blang Bintang, Aceh Besar.

Musibah Gempa yang terjadi di Aceh berkekuatan magnitude 9,3 skala richter. Charles Ammon dari Penn State University, menyebutkan bila gempa bumi yang melanda Aceh kala itu terjadi 500 sampai 600 detik. Dengan durasi gempabumi selama itu, maka patahan lempeng benua pun sangat serius. Menimbulkan keretakan hampir 800 mil. Akibatnya, 230.000 jiwa melayang, dan 500.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Rombongan relawan yang dikirim oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, segera menuju Kota Banda Aceh yang kala itu sudah hancur lebur dilamun gempa dan gelombang tsunami. Tiba di sana, mereka ditempatkan di lantai II Rumah sakit Umum daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA). Saat itu, baru selang beberapa hari gelombang tsunami menghancurkan Aceh.

Esok harinya, Syahrul Yasin Limpo berkeliling. Mencari lokasi yang tepat untuk membangun rumah bantuan dari Pemerintah Sulsel. Dengan susah payah, akhirnya ia tiba di Lhoknga, Aceh Besar, yang merupakan salah satu daerah yang disapu bersih oleh gelombang tsunami.

Perkampungan di tepi pantai hingga radius tiga kilometer habis diterjang gelombang. Di sana, Syahrul mengunjungi Pesantren Hidayatullah, yang berada di Gampong Nusa. Pesantren yang diasuh oleh Teungku Mursalin.

Di pesantren tersebut, Teungku Mursalin menampung 2.000 lebih pengungsi yang berasal dari kampung sekitar. Dengan fasilitas seadanya, sang cendekiawan mengelola pengungsi. Sejumlah bantuan kemanusiaan yang berasal dari lembaga internasional juga sudah tiba di daerah tersebut.

Perihal kunjungan Syahrul Yasin Limpo ke Pesantren Hidayatullah, masih sangat membekas di ingatan Teungku Mursalin. Bagaimana tidak, Mursalin mengisahkan tentang kunjungan kemanusiaan pria yang kini dipercaya oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Pertanian RI.

Ketika datang ke Hidatullah, Syahrul langsung berkomitmen membangun delapan unit ruangan. Dua diperuntukkan sebagai pustaka, dan sisanya sebagai tempat belajar santri. Di kemudian hari, komitmen itu diwujudkan oleh Bupati Gowa periode 1994-2002 tersebut.

Ada yang menarik kala itu. Seorang anak yatim berkaos putih dan bercelana pendek warna merah. Bocah itu selalu memegang tangan Syahrul. Kemanapun Syahrul melangkah, sang anak selalu mengikuti. Jemarinya tak mau lepas dari pergelangan tangan politisi Partai NasDem ini.

Anak kecil itu merengek kepada Syahrul, agar membawanya ke Jakarta, atau kemanapun Syahrul akan pergi. Dia sudah tidak punya siapa-siapa di Aceh. Kedua orangtuanya dilamun gempa bumi dan gelombang Samudera Hindia.

Namun kala itu, Syahrul belum dapat memenuhi permintaan sang yatim. Benar bahwa dia sudah memiliki rencana mengadopsi 20 anak korban tsunami untuk disekolahkan di Jakarta. Tapi kuotanya sudah penuh.

“Dengan berat hati kala itu, Pak Syahrul menolak permintaan yatim tersebut,” kisah Teungku Mursalin.

20 puluh yatim korban tsunami Aceh kini telah lulus sarjana. Bahkan ada yang telah menjadi dokter. Tapi ada yang masih mengganjal di ingatan Syahrul Yasin Limpo. Ia teringat kembali kepada sang yatim yang merengek kepadanya.

Setahun lalu, ia meminta teman-temannya melacak keberadaan sang yatim. Bermodal foto ketika si anak dan Syahrul berada di Pesantren Hidayatullah, pencarian pun di mulai.

Teungku Mursalin pun ikut melakukan pencarian. Dia menjumpai Camat Lhoknga, Aceh Besar, memberitahu tentang kisah tersebut. Sang camat memberitahu keuchik dan sekretaris desa di bawah binaannya. Tapi tak satupun berhasil menemukan jejak sang yatim.

Ketika Syahrul berkunjung ke Pesantren Hidayatullah pada Jumat (04/03/2022), ia masih menanyakan keberadaan si anak yatim. Bahkan pada spanduk silaturahmi tersebut, ia meminta agar foto dirinya dan sang yatim dipasang. Tapi usahanya masih belum membuahkan hasil.

“Setelah kunjungan ke Pesantren Hidayatullah pada bulan Maret 2022, Pak Syahrul masih mencari anak yatim itu. Tapi belum juga membuahkan hasil. Ia sangat rindu ingin bertemu dan melakukan sesuatu kepada anak tersebut,” kata mantan Ketua DPW Partai NasDem Aceh, Zaini Djalil, Selasa (13/12/2022).

Zaini Djalil menyebutkan, ada rasa sesal di hati Syahrul mengapa kala itu ia tidak membawa saja anak tersebut. Tapi kala itu memang tidak mungkin. Membawa anak manusia tidak semudah mengangkut benda mati. Ada izin yang harus dipenuhi. Minimal ada wali yang memberikan restu.

“Gerak sejarah membuat semua itu terjadi, tapi Pak Syahrul setelah pertemuan di Hidayatullah, tidak bisa melupakan si yatim berkaos oblong dan celana pendek merah tersebut,” terang Zaini Djalil.(*)


BACA JUGA