Gelaran pasar murah yang digelar di Citayam Depok, Kamis (29/12/2022)/ Humas Kementan

Penuhi Kebutuhan Pangan Jelang Tahun Baru, Kementan Pasarkan Beras Petani

Kamis, 29 Desember 2022 | 22:47 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

JAKARTA, GOSULSEL.COM — Guna memastikan kebutuhan pangan masyarakat, khususnya menjelang perayaan tahun baru, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan bersama dengan Koperasi Maju Mandiri Terpercaya (Koperasi Mantap) dan Toko Tani Indonesia Center, rutin menggelar pasar murah. Kali ini pasar murah yang digelar pada Kamis (29/12/2022), dipusatkan di 3 titik lokasi yakni di Citayam Depok, Cisauk Tangerang Selatan dan di Jatisampurna Bekasi.

Dalam gelaran pasar murah tersebut, antusiasme masyarakat sama seperti pada pelaksanaan pasar-pasar murah yang telah digelar sebelumnya. Bahkan, di salah satu titik pasar, yakni di Citayam Depok, beras sebanyak 500kg habis terjual dalam waktu beberapa menit saja.

pt-vale-indonesia

Beras yang dipasarkan merupakan hasil produksi beberapa Poktan binaan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan yang berada di Kabupaten Serang, Karawang dan Indramayu. Poktan penerima bantuan Vertical Dryer tersebut bersedia menjual berasnya melalui Koperasi Maju Mandiri Terpercaya dengan harga lebih rendah dari harga pasar karena bentuk kepedulian terhadap konsumen terutama saat momen Nataru ini. Beras yang dipasarkan sebanyak 1,6 ton yang di bagi di 3 titik tadi, dengan kemasan 5 dan 10kg, jenis beras yang dipasarkan yaitu beras premium dan dijual dengan harga Rp10.000/kg.

Saat ditemui di lokasi pasar murah di Kecamatan Citayam, Ibu Dewi salah satu warga Pondok Terong, mengungkapkan bahwa kegiatan pasar murah ini sangat membantu karena barangnya bagus namun harganya terjangkau.

“Ini sangat membantu sekali ya, apalagi bagi ibu-ibu seperti saya karena berasnya bagus tapi harganya murah di banding dengan di pasar,” ungkap Ibu Dewi.

Hal yang sama di sampaikan Ibu Rini, warga Ratu Jaya. Menurutnya, kegiatan seperti ini harus rutin diadakan karena sangat membantu sekali.

“Terima kasih kepada pemerintah telah menyediakan beras murah namun kualitasnya sangat bagus, harapan saya kegiatan seperti ini rutin diadakan karena sangat bermanfaat terutama bagi ibu-ibu,” tutur Ibu Rini seraya tersenyum.

Terpisah Direktur jenderal Tanaman Pangan, Suwandi menjelaskan kegiatan pasar murah ini rutin dilakukan oleh Kementan sesuai dengan arahan Bapak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Hal tersebut untuk memastikan kebutuhan pangan masyarakat di hari natal dan menjelang Tahun Baru 2023 tersedia dan mencukupi.

“Kegiatan semacam ini sudah beberapa kali dilakukan, khususnya pada bulan Desember ini. Ini bertujuan untuk mendekatkan produksi dengan konsumen, karena kadang yang terjadi di tingkat produsen kenaikan harga tidak signifikan. Namun di tingkat konsumen, kenaikan harga sangat signifikan yang diakibatkan oleh rantai distribusi yang Panjang. Nah disinilah hadir Kementan mewakili pemerintah untuk membantu masyarakat guna memenuhi kebutuhan pangannya khususnya saat Natal kemarin dan jelang Tahun Baru ini namun dengan harga yang terjangkau,”ujar Suwandi.(*)


BACA JUGA