Chief Corporate Secretary & Legal Officer KALLA, Subhan Djaya Mappaturung memberi pengarahan dalam Apel Siaga Bencana Kalla Rescue di Wisma Kalla, Jumat (30/12/2022)/ Ist

Kalla Rescue Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana

Senin, 02 Januari 2023 | 18:34 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kalla Rescue menggelar Apel Siaga Bencana di Wisma Kalla, Jumat (30/12/2022). Para personel diharapkan meningkatkan kesiapsiagaannya untuk memberi pertolongan kepada masyarakat yang tertimpa bencana, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan.

Jumlah personel Kalla Rescue saat ini berjumlah 21 orang yang merupakan karyawan dari berbagai unit bisnis KALLA. Sejak hadir Agustus 2022 lalu, mereka sangat aktif turun langsung di lokasi bencana untuk membantu warga.

Chief Corporate Secretary & Legal Officer KALLA, Subhan Djaya Mappaturung selaku pembina apel, mengapresiasi aksi-aksi yang dijalankan tim Kalla Rescue sejauh ini. Mereka telah terjun ke berbagai lokasi di Kota Makassar hingga Kabupaten Maros.

“Terima kasih kepada Kalla Rescue yang selalu siap sedia dalam memenuhi panggilan kemanusiaan. Semoga kita terus dapat memberikan bantuan kepada masyarakat yang tertimpa bencana. Dalam apel ini, saya ingin kita lebih memantapkan kesiapan tim agar aksi-aksi yang dilaksanakan selanjutanya jauh lebih terorganisir lagi,” ungkap Subhan.

Ia pun berharap, personel Kalla Rescue juga dapat memberi edukasi terkait keterampilan dasar penanganan kebencanaan kepada karyawan di lingkungan kantor. Hal ini akan sangat berguna karena tak ada yang dapat mengetahui kapan bencana dapat terjadi.

“Manajemen akan selalu mendukung tim Kalla Rescue, khususnya dari kelengkapan alat-alat operasional. Semoga tahun depan kebutuhan-kebutuhan yang menunjang kegiatan-kegiatan Kalla Rescue semakin lengkap sehingga pertolongan kepada masyarakat pun bisa dilaksanakan semakin maksimal,” imbuh Subhan.

Selama Desember 2022, tim Kalla Rescue terjun ke lokasi-lokasi yang menjadi titik banjir di Kota Makassar, khususnya Kecamatan Biringkanaya dan Manggala. Bahkan, baru-baru ini mereka juga membantu para pedagang pada peristiwa kebakaran Pasar Sentral, Selasa (27/12/2022) lalu.

“Bentuk bantuan yang kami lakukan di lokasi bencana, mulai dari melakukan evakuasi kepada warga, baik secara langsung maupun menggunakan alat bantu seperti perahu karet. Selain itu, kami juga memberikan bantuan langsung, seperti makanan siap saji, makanan instan, kebutuhan balita hingga perlengkapan dapur,” ungkap Kurniawan Jaya, Komandan Kalla Rescue.

Tak hanya di Kota Makassar, personel Kalla Rescue juga turun langsung ke bencana tanah longsor di Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros. Alat berat dari PT Bumi Karsa diturunkan untuk membuka akses jalan yang sempat tertutup.

“Setiap aksi yang dilaksanakan Kalla Rescue selalu mendapat support dari Yayasan Hadji Kalla dan unit bisnis KALLA. Seperti Kalla Transport & Logistics yang mendukung mobilitas distribusi bantuan, penanganan yang sifatnya berat dibantu oleh PT Bumi Karsa dan sumber bantuannya dari Yayasan Hadji Kalla,” tutup Kurniawan.(*)